Rss Feed
  1. Twitter

    Wednesday, March 31, 2010

    Akhirnya gue bikin juga!!! Twitter!! wakakakakakka....

    Hehehehe...yang puny twitter follow aku yah.. Entar kufolow balik. Ada widgetnya di atas blog listku th. Aku tunggu. :)


  2. Merindumu

    Monday, March 29, 2010

    Malam ini...
    Ketika kududuk termenung dalam kamarku
    di tengah sepiku,
    di tengah kesendirianku.
    Aku memikirkanmu.

    Membayangkan hari-hari yang kita lalui.
    Kebahagiaan yang kita jalani
    dan kesedihan yang menanti di ujungnya.

    Ah,
    betapa aku merindukanmu.
    Ingin sekali lagi aku menyentuhmu.
    Ingin sekali lagi aku melihatmu.

    Betapa aku merindukanmu.
    Oh, nastar.

    Hua.... pengen makan kue nastar!!!! Ada yang mau kirimin gak?? ToT

  3. Pas main ke Yahoo Indonesia, gue liat berita yang menarik. Ini gue kutip dari sana.



    VIVAnews - Jika banyak wanita melakukan bedah plastik demi memiliki wajah cantik selebriti dunia, tidak bagi seorang wanita asal China. Lantaran takut kehilangan pujaan hati, ia nekat melakukan operasi plastik meniru wajah mantan istri suaminya yang telah meninggal.

    Wanita yang disembunyikan identitasnya itu mengajukan bedah plastik pada 2007 silam, sesaat sebelum pernikahannya. "Hati saya berkecamuk. Di satu sisi saya ingin menjadi diri saya sendiri, tapi di sisi lain saya tak ingin kehilangan pernikahan ini. Semoga operasi ini tak membuat saya tampak bodoh," ujarnya.

    Adalah sang suami, Zhao Gang, 37, yang mengajukan syarat itu. Ia bersedia menikah asal wanita itu melakukan 'permak' wajah menyerupai mantan istrinya yang meninggal akibat kecelakaan mobil. "Ini memang tak adil, tapi dia setuju, dan sebagai gantinya saya akan mencintainya dengan sepenuh hati," ujarnya.

    Direktur unit bedah plastik People’s Hospital di Chongqing, Dr. Zhang Lianfeng, mengingatkan para pasien bedah plastik agar tak melakukan perubahan penampilan hanya demi menyenangkan pasangannya.

    Ia sangat sedih jika ada seseorang yang melakukan bedah plastik lantaran tekanan orang lain. Itu sangat menyiksa piskologis. "Saya katakan operasi plastik tak bisa diandalkan untuk kebahagiaan rumah tangga karena hanya mengubah penampilan fisik, apalagi tak ada operasi plastik yang bisa membuat dua orang menjadi kembar identik," ujarnya.



    Source gambar dan berita: http://id.news.yahoo.com/viva/20100329/tls-bedah-plastik-demi-mirip-mantan-istr-34dae5e.html

    How horrible! Membuang wajah sendiri demi menjadi orang lain hanya agar dinikahi? Ok, gue emang gak berhak ngejudge yang melakukan operasi plastik, berhubung gue gak tahu faktor apa yang menyebabkan si cewek terkesan "harus" menikahi cowok itu. Tapi dari syarat yang diajukan si cowok aja rasanya gak benar. Soalnya dia sepertinya masih belum bisa merelakan istrinya yang dulu. Gimana coba kalau setelah menikah si suami menuntut si istri barunya itu harus bertingkah seperti istri lamanya. Gak banget kan.

    Sekitar bulan lalu gue juga ada nonton berita di mana seorang wanita di Cina merombak total dirinya sehingga dia jadi mirip Jennifer Aniston (kalau gk salah. Gue rada lupa juga sih artis yang mana) hanya karena pacarnya tergila-gila pada artis itu.

    Ah...dunia memang sudah gila.

  4. Alice Underground

    Sunday, March 28, 2010

    Trippin out
    Spinning around
    I'm underground
    I fell down
    Yeah I fell down

    I'm freaking out, where am I now?
    Upside down and I can't stop it now
    Can't stop me now, oh oh

    I, I'll get by
    I, I'll survive
    When the world's crashing down
    When I fall and hit the ground
    I will turn myself around
    Don't you try to stop me
    I, I won't cry

    I found myself in Wonderland
    Get back on my feet, on the ground
    Is this real?
    Is this pretend?
    I'll take a stand until the end

    I, I'll get by
    I, I'll survive
    When the world's crashing down
    When I fall and hit the ground
    I will turn myself around
    Don't you try to stop me
    I, I won't cry

    I, I'll get by
    I, I'll survive
    When the world's crashing down
    When I fall and hit the ground
    I will turn myself around
    Don't you try to stop me
    I, and I won't cry



    Ini lagu barunya Avril Lavigne. Dari album "Almost Alice" yang merupakan cover film terbaru "Alice In Wonderland".

    Lagunya lumayan enak. Liriknya juga bagus, sayang menurut gue pribadi vokalnya Avril agak aneh di sini dan terdengar berteriak-teriak ketimbang menyanyi. Too bad. She is Almost Alice.

    Gue kasih B untuk Mba Avril di lagu ini :)

  5. Hm…hm…hm…
    Terlalu indah dilupakan
    Terlalu sedih dikenangkan
    Setelah aku jauh berjalan
    Dan kau ku tinggalkan

    Betapa hatiku bersedih
    Mengenang kasih dan sayangmu
    Setulus pesanmu kepadaku
    Engkau kan menunggu

    Andaikan kau datang kembali
    Jawaban apa yang kan ku beri
    Adakah cara yang kau temui
    Untuk kita kembali lagi

    Bersinarlah bulan purnama
    Seindah serta tulus cintanya
    Bersinarlah terus sampai nanti
    Lagu ini…ku…akhiri
    Na…na…na…
    Na…na…na…

    Ah..Lagu lama dari Ruth Sahanaya. Pas jamannya ini lagu keluar, gue demen banget dengernya. Kalau gak salah dulu sempat jadi soundtrack sinetron "Bunda". Jadi terkenang masa lalu. wkwkwkwk

  6. Pas buka FB hari ini, gue kaget baca wall salah seorang teman jurusan gue dipenuhi dengan ucapan "Turut berduka cita". Baca punya baca, ternyata ayahnya meninggal.

    Gue rada kaget juga sih bacanya. Oke, gue tahu. Kematian itu datang kapan saja tanpa diduga. Tapi gue tetap selalu kaget membaca berita kematian orang yang kukenal/ orang terdekat teman-temanku.

    Setelah membaca semua ucapan "Turut Berduka Cita" di wallnya, gue jadi menmang-nimang, should I say it too?
    Ini selalu jadi kebingungan buat gue.

    Pertama kali gue mengalami dilema, haruskah mengucapkan turut berduka cita adalah saat kematian ayah sahabat gue. Sesudah gue dikasih tahu sama teman gue (teman yg lain lagi). Gue bingung. Bilang g ya, bilang g ya?

    Keputusan akhir? Gue gak bilang.

    Alasan utama mengapa gue gak bilang adalah: karena gue gak ngerti bagaimana pedihnya kehilangan orang yang begitu dekat dengan kita. Soalnya belum ada orang dekat (keluarga gitu..) yang gue kenal yang meninggal.

    Ada sih, saudaranya ibu gue, tapi mereka meninggal sebelum gue lahir. Jadi belum kenal. Terus, ayahnya ayah juga sudah meninggal tapi gue sama sekali gak bisa ingat soal beliau.



    Gue ingat pas dulu masih SD, waktu itu ada guru yg biasanya jaga pintu gerbang meninggal sehingga kami (para murid SD) berbondong-bondong pergi ke rumah beliau. Di sana teman-teman gue banyak yang nangis. Pas aku coba bilang "Sudah, semua orang pasti pergi" ke teman gue, dia jawab "Kamu gak kenal dia soalnya. Dia baik banget. Kamu gak tahu rasanya sih" lalu temanku itu terus nangis.

    Waktu itu gue gak gitu memikirkan kata-kata itu aih, tapi sekarang setelah kupikir-pikir, memang benar adanya. I don't understand the pain (dan jangan cepat-cepat deh. Kayak lagunya Kotak. Alon-alon wae).

    Kalaupun saya mengucapkan 3 kata di atas, mereka akan kehilangan artinya. Inilah mengapa saya tidak mengatakannya.

  7. Pas 2 hari lalu, gue liat status seorang teman saya di FB yang menyemangati teman-temannya yang akan mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) yang dimulai pada hari Senin ini.

    Ah... Bicara soal UAN, gue jadi ingat masa2 UAN SMA dulu. Semua pada sibuk belajar dan mempersiapkan diri untuk ujian selama 3 hari. Persiapannya macam-macam. Dari mengerjakan soal-soal tahun lalu, les privat, ke bimingan belajar, sampe bertapa di Gunung Kawi (yang terakhir bo'ong ding).



    Semua pada takut gak lulus. Apalagi waktu itu, untuk pertama kalinya, bukan hanya 3 mata pelajaran yang diujikan, melainkan 6! Jadi waktu itu gue harus melewati ujian Matematika, B.Inggris, B.Indonesia, Kmia, Fisika, dan Biologi. Jujur saja, nilai gue dulu pas-pasan banget di SMA. Khususnya di pelajaran Kimia! Gue rajanya ujian ulan pas SMA. Gak satu kalipun gue gak ujian ulang pas kelas 3. wkwkwkwkwkwkwk (tertawa miris menertawakan kebodohan diri sendiri).

    Sudah gitu, nilai pas-pasan bukanny belajar yang serius, gue malah main kerjanya. Emang sih ada juga belajar dan les privatnya, tapi kalau dibandingkan teman-teman yang lain, usaha gue gak sebanding dengan mereka. swt =_=



    Apalagi yah...Hmm... Dulu sih pas pertama kelas 3 gue sempat mikir mau ikutan bimbel. Cuma setelah gue melihat harga bmbingannya, buset! Gak jadi ah! Mending belajar sendiri.

    Ah... UAN..UAN... betul-betul menyimpan banyak kenangan. Dari belajar kalang kabut, teman yang nangis gara-gara takut gak lulus (walaupun dia lulus pada akhirnya. Wong dia 100X lebih pintar dari aku kok. Masa bisa gak lulus.), sampai menyiapkan trik-trik licik untuk mengibuli pengawas. hihihihihi.



    Saya pernah berkata begini pada seorang kawan saya. "Mau deh rasanya mengulang masa-masa SMA. Tapi satu hal, minus bagian UANnya."
    Teman saya itu menyambutnya dengan anggukan setuju. Mana ada sih yang mau ngulang UAN. Gila kali tuh.

    Gua pribadi sih ok2 aja dengan UAN. Walaupun kesannya kurang fair, karena usaha 3 tahun hanya ditentukan dalam beberapa jam, tapi setidaknya perlu suatu ultimate test untuk menguji para siswa, secara ilmu maupun mental. Walaupun masih banyak permasalahan dalam pelaksanaannya, tetapi pemerintah terus berusaha memperbaikinya.


    Scanner maut penentu masa depan.

    Last but not least, selamat berjuang buat semua teman-teman yang mengikuti UAN! Tenanglah. Gue yang gitu dodol aja bisa lulus. Apalagi kalian! Ganbatte ne!!

  8. Trivia: Siapakah Wanita Ini?

    Friday, March 19, 2010

    Coba tebak. Siapakah dia?


  9. Pairing Final All England 2010

    Sunday, March 14, 2010

    Pairing untuk final All England 2010:

    Men Single:
    Lee Chong Wei (Malaysia) vs. Kenichi Tago (Jepang)

    Women Single:
    Yihan Wang (Cina) vs. Tina Rasmussen(Denmark)

    Men Double:
    Lars Paaske - Jonas Rasmussen (Denmark) vs. Mathias Boe - Carsten Mogenser (Denmark)

    Women Double:
    Jing Du - Yang Yu (Cina) vs. Shu Zheng - Yunlei Zhao (Cina)

    Mixed Double:
    Nan Zhang - Yunlei Zhao (Cina) vs. Nova Widianto - Lilyana Natsir (Indonesia)

    Sedikit overview dari pairing di atas:
    Tine Rasmussen sekali lagi menunjukkan kekuatannya sebagai salah satu pemain wanita terbaik di Eropa. Tetapi lawannya di final adalah pemain unggulan pertama Yihan Wang. Akan menjadi final yang menarik, apakah Tine yang tidak termasuk unggulan dapat mengalahkan Yihan Wang.


    Tine Rasmussen


    Denmark pastinya senang, sebab salah satu cabang sudah pasti dimenangkan oleh Denmark, sebab terjadi All Denmark final pada sektor ganda putra. Lars Paaske - Jonas Rasmussen (Denmark) yang mengalahkan pasangan Markis-Hendra di semi-final bertemu rekan senegaranya Mathias Boe - Carsten Mogenser di final.

    Kejutan terbesar datang dari sektor tunggal putra. Kenichi Tago yang awalnya tidak diperhitungkan dalam kejuaraan ini, mendadak mendapatkan perhatian setelah berhasil mengalahkan unggulan ketiga dan keenam asal Cina, Jin Chen dan Yunlai Bao. Satu hal yang menarik, Kenichi Tago adalah anak dari pemain bulu tangkis wanita asal Jepang, Yoshiko Yonekura yang pernah memperkuat tim Uber Jepang di saat kejayaan pemain putri Jepang (sekitar tahun 1960-1980).


    Kenichi Tago

    Yunlei Zhao betul-betul tangguh. Sebab dia bukan hanya berhasil melenggang ke final ganda campuran, tetapi juga final ganda wanita. Sungguh luar biasa.

    Selamat berjuang untuk Nova Widianto dan Lilyana Natsir di final hari Minggu nanti!


  10. Berita menggembirakan datang dari All England 2010. Pasangan ganda campuran, Nova Widianto dan Lilyana Natsir berhasil melaju ke final!



    Bertemu dengan lawan tangguh, pasangan Korea Selatan Lee Yong Dae dan Lee Hyo Jung, Nova dan Butet (panggilan akrab Lilyana) bermain apik. Di babak pertama gue sempat deg-degan saat mereka tertinggal 10-6 atau 10-5 (lupa pastinya berapa). Perlahan tetapi pasti, mereka berdua berhasil mengejar hingga poin menjadi 15-15. Nova dan Butet kemudian bermain dengan solid, sehingga berhasil menambah 6 angka (walau sempat kecolongan 1 poin), sehingga babak pertama berakhir dengan kedudukan 21-16 bagi Indonesia.

    Di babak kedua, pasangan Lee kembali bermain dengan sangat baik dan memimpin permainan sejak awal. Nova-Butet bahkan sempat tertinggal 8-1. Duo campuran terbaik Indonesia ini kemudian pelan-pelan mengejar ketinggSalan mereka dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 17-17. Sayangnya, duo asal Korea Selatan bermain sangat baik dan berhasil memenangkan set kedua dengan kedudukan 21-18.

    Setelah permainan yang alot dan melelahkan di 2 set pertama, Nova-Butet bermain dengan sangat baik di set ke-3. Mereka memimpin pertandingan sejak awal dan tidak memberikan kesempatan bagi Lee Yong Dae dan Lee Hyo Jung. Dalam waktu yang relatif singkat, Nova-Lily berhasil memenangkan set ke-3 dengan kedudukan 21-8.

    Dengan kemenangan 21-16 18-21 21-8 ini, Nova-Lily berhasil melaju ke final dan akan melawan pasangan Cina, Nan Zhang dan Yunlei Zhao.

    Yang luar biasa dari pasangan Cina ini adalah, mereka harus melewati babak kualifikasi terlebih dahulu sebelum masuk ke babak utama. Nan dan Yunlei mengalahkan Dean George-Samantha Ward (16-21 21-15 21-14) dan pasangan asal Jepang, Noriyasu Hirata dan Miyuki Maeda (21-9 21-12).

    Di babak utama mereka mengalahkan Peng Soon Chan dan Liu Xing Goh asal Malaysia (21-10 24-22), rekan senegara mereka Bo Zheng dan Jin Ma (21-16 21-17), berhasil menundukkan pasangan Indonesia, Hendra Aprida Gunawan dan Vita Marissa di babak ke-3 (21-16 21-18), mereka kemudian mengalahkan rekan senegara mereka , Hanbin He dan Yang Yu di semi-final (21-14 23-21).

    Nova-Lilyana sendiri mengawali perjalanan mereka langsung dari babak utama. Mereka menang rubber set di babak pertama atas pasangan ganda campuran Malaysia, Kean Keat Koo dan Pei Tty Wong (21-17 13-21 9-21). Kemudian menang mudah atas Baptisa Careme dan Laura Choinet dari Perancis (21-12 21-8) di babak kedua. Mereka kemudian menang 21-18 21-19 atas pasangan tuan rumah, Nathan Robertson dan Jenny Wallwork di babak ketiga.

  11. All England 2010: Semi Final

    Saturday, March 13, 2010

    Waduh!! Para pemain Indonesia benar-benar berguguran kemaren.

    Tunggal putra Indonesia, Taufik Hidayat kalah dari saingan lamanya Peter Gade dengan skor 20-22 22-20 20-22. Dari skornya terlihat bahwa pertarungan berjalan sengit dan menegangkan! Sayang, Taufik gagal memenangkan pertandingan tersebut.


    Taufik Hidayat


    Selain itu ganda wanita Indonesia, Meiliana Jauhari dan Greysia Polii juga kalah dari Pan Pan dan Qing Tian asal Cina dengan skor 25-23 17-21 21-17.

    Sektor lain yang juga gagal melaju ke semi-final adalah ganda campuran Hendra Aprida Gunawan dan Vita Marissa yang kalah 21-16 21-18 dari Nan Zhang dan Yunlei Zhao.

    Harapan yang tersisa ada pada pundak sektor ganda putra. Markis Kido dan Hendra Setiawan berhasil mengalahkan ganda Malaysia, Tan Fook Choong dan Wan Wah Lee dua set langsung 21-17-21-11. Bisa dikatakan pertandingan yang relatif mudah bagi Markis dan Hendra, sebab ertandingan hanya berlangsung selama 22 menit.


    Markis Kido dan Hendra Setiawan

    Pasangan ganda campuran Nova Widianto dan Lilyana Natsir juga berhasil maju ke semi-final setelah menang atas pasangan Nathan Robertson dan Jenny Wallwork dari Ibggris.


    Nova Widianto dan Lilyana Natsir

  12. All England 2010

    Friday, March 12, 2010

    Kali ini soal bulu tangkis. Setelah berjuang di babak penyisihan piala Thoma dan Uber, pemain-pemain Indonesia kembali harus menghadapi kejua=raan bergengsi All England 2010. Selain karena turnamennya sendiri yang memang bergengsi, All England kali ini semakin menarik, karena mencapai putaran yang ke-100. Yup! It is 100th All England!

    So far hari ini (12Maret) pertandingan memasuki hari ke-4. Pemain-pemain Indonesia juga semakin berguguran dan yang tersisa betul-betul yang paling tangguh.

    Di hari ke-4 ini, unggulan pria Indonesia, Taufik Hidayat, bertemu dengan saingan lamanya, Peter Gade. Siapakah yang akan menang kali ini?

    Ganda emas Indonesia, Markis Kido dan Hendra Setiawan bertemu pasangan peringkat 8 dunia, Tan Fook Chong dan Wan Wah Lee. Pertandingan ini juga menarik untuk ditunggu hasilnya.

    Ganda campuran Hendra A. Gunawan dan Vita Marissa bertemu dengan ganda Cina, Nan Zhang dan Yunlei Zhao.

    Pemain non unggulan, Meiliana Jauhari dan Greysia Polii juga bertemu ganda asal Cina, Pan Pan dan Qing Tian.

    Yah, kita tunggu saja hasil pertandingan-pertandingan di atas dengan sabar :)

  13. Pas lagi main-main di FB, gue nemu notes tentang apa yang terjadi pada tubuh kita, setelah kita meninggal. Penasaran? Ini dia:

    0 Menit :
    Kematian secara medis terjadi ketika otak kehabisan supply oksigen.


    1 Menit :
    Darah berubah warna dan otot kehilangan kontraksi, isi kantung kemih keluar tanpa izin.


    3 Menit :
    Sel-sel otak tewas secara masal. Saat ini otak benar-benar berhenti berpikir.


    4 - 5 Menit :
    Pupil mata membesar dan berselaput. Bola mata mengkerut karena kehilangan tekanan darah.


    7 - 9 Menit :
    Penghubung ke otak mulai mati, efek yang sama terjadi ketika anda menyaksikan sinetron.


    1 - 4 Jam :
    Rigor Mortis * Membuat otot kaku dan rambut berdiri, kesannya rambut tetap tumbuh setelah mati.


    4 - 6 Jam :
    Rigor Mortis * Terus beraksi. Darah yang berkumpul lalu mati dan warna kulit menghitam.


    6 Jam :
    Otot masih berkontraksi. Proses penghancuran, seperti efek alkohol masih berjalan.


    8 Jam :

    Suhu tubuh langsung menurun drastis.


    24 - 72 Jam :
    Isi perut membusuk oleh mikroba dan pankreas mulai mencerna dirinya sendiri !


    36 - 48 Jam :
    Rigor Mortis * Berhenti, Tubuh anda selentur penari balerina lagi.


    3 - 5 Hari :
    Pembusukan mengakibatkan luka skala besar, darah menetes keluar dari mulut dan hidung.


    8 - 10 Hari :
    Warna tubuh berubah dari hijau ke merah sejalan dengan membusuknya darah.


    Beberapa Minggu :
    Rambut, Kuku, Dan Gigi dengan mudahnya terlepas.


    Satu Bulan :
    Kulit Anda mulai mencair !.


    Satu Tahun :
    Selain tulang-belulang tidak ada lagi yang tersisa dari tubuh anda !


    * Rigor Mortis Adalah Fase Dimana Keseluruhan Otot Di Tubuh Menjadi Kaku.. (kaku mayat)

    Hmm... lalu setelah itu, apa yang terjadi dengan jiwa kita ya? Kita simpan pertanyaan itu untuk nanti.


  14. Well, 2 minggu belakangan ini, walaupun kuliah sudah dimulai, gue gak begitu sibuk sebab praktek-praktek belum dimulai.



    Tapi mulai minggu depan... Oh no! @_@
    Praktek-praktek dimulai lagi!! Terus semester ini ada 4 praktek. Cape de...
    Well, harus lebih semangat. Harus lebih semangat.


  15. Baru-baru ini liat fotonya Lady Gaga di Yahoo. Coba tebak hal unik apa yang ada di setiap foto Lady Gaga? Yup, tentu saja gaya berpakaiannya yang unik bin ajaib.
    Lihat saja fotonya yang diambil di London ini.



    Lobster yang ada di kepalanya itu dibuat dari permata dan merupakan karya Philip Treacy, seorang pengrajin perhiasan yang jadi langganan anggota kerajaan Inggris. Hmm... Pasti mahal.

    Salah satu foto lain memperlihatkan pelantun "Poker Face" ini menggabungkan gaya berpakaian militer dengan bawahan renda. Menurutku cukup oke kelihatannya (buat gue loh ya).



    Ada juga foto yang lain di mana dia terlihat normal. Sangat normal malah.



    Ada juga sih yang gue agak enek lihatnya.


    Outfitnya udah oke, tapi "mawar" di atas kepalanya itu agak ganggu.

  16. Gempa Chili

    Monday, March 1, 2010

    Setelah bulan lalu dunia dihebohkan dengan gempa Haiti yang dengan suksesnya meluluhlantahkan negara di Amerika Tengah itu, bulan ini dunia kembali dikejutkan dengan gempa yang terjadi di Chili.

    Gempa yang terjadi pada Sabtu (27/2) sekitar pukul 03.34 waktu setempat atau pukul 15.34 WIB ini, ternyata 500 kali lebih kuat dari gempa Haiti. Gempa di Chili ini berkekuatan 8,8 SR. Jauh lebih hebat dibandingkan dengan gempa Haiti yang "hanya" 7.9 SR.



    Jumlah korban gempa di Chili lebih sedikit daripada jumlah korban gempa di Haiti. Korban tewas akibat gempa di Chili untuk sementara baru mencapai 300 jiwa, sedangkan korban tewas di Haiti menembus angka 200 ribu jiwa. Di Chili, jumlah orang yang kehilangan rumahnya lebih sedikit dibanding Haiti, kemudian juga jaringan telepon dan komunikasi bisa dipulihkan dalam waktu 5 jam. Mengapa hal ini bisa terjadi?
    Seperti dilansir Los Angeles Times, Minggu (28/2), dijelaskan bahwa gempa Haiti terjadi di kedalaman yang lebih dangkal yaitu 10 kilometer dan pusat gempa jaraknya hanya beberapa mil dari wilayah padat penduduk seperti ibukota Port-au-Prince. Sedangkan gempa Chili terjadi di kedalaman yang lebih dalam yaitu sekitar 35 kilometer dan berpusat di lepas pantai yang jarang dihuni warga.
    Penyebab lainnya, yakni karena Chili relatif sangat siap dalam menghadapi gempa. Peristiwa tahun 1960 lampau, saat gempa terkuat yang pernah ada berkekuatan 9,5 SR meluluhlantakkan Chili, menjadi pengalaman berharga bagi negara tersebut. Sekolah-sekolah bahkan melakukan latihan gempa rutin bagi para siswanya.
    Kemudian juga undang-undang di Chili mengharuskan setiap bangunan untuk memiliki konstruksi tahan gempa. Para penyelamat juga telah terlatih dengan baik dan dapat dengan sigap terjun ke lokasi.



    Syukurnya, ONEMI Oficina Nacional de Emergencias e InformaciĆ³n (Spanish for National Office of Emergencies and Information) mengatakan gempa bumi tersebut tak akan menimbulkan gelombang pasang tsunami, seperti yang dikutip dari keterangan seorang analisis Chilean naval oceanographers, yang mengatakan pusat gempa terjadi di gunung, bukan laut.

    Gue sedih banget baca berita Chili ini. Sebab belum selesai maslah di Haiti, eh, jatuh lagi korban gempa di Chili. Gue harap kejadian ini gak bakal terjadi di Indonesia. AMIN!!