Rss Feed
  1. Sejuta Cinta di SydneySejuta Cinta di Sydney by Dewi Fitri Lestari

    My rating: 2 of 5 stars


    Sejuta Cinta di Sydney berkisah tentang Joop, seorang pria Indonesia berwajah Arab yang memutuskan untuk bersekolah di Australia karena ingin membuktikan bahwa dirinya mampu bersaing di negeri orang kepada teman chattingnya, Jake.


    Dalam pengambilan keputusannya ini, Joop terpaksa harus meninggalkan Yulian, pacarnya yang berbeda ras dan agama. Yulian sendiri tidak mau ditinggal dan akhirnya menyusul ke Australia.

    Di Australia, Joop tinggal dengan keluarga Jake dan merasakan keramahan keluarga tersebut. Awalnya semua berjalan baik, sampai tiba-tiba kejadian Bom Bali yang menewaskan ratusan warga Aussie mengakibatkan penindasan rasial terhadap Joop yang memiliki wajah Arab dan beragama Islam.

    Secara keseluruhan saya rasa ide ceritanya bagus sekali. Kedua pengarang menggali efek Bom Bali dari sudut pandang rasial dan agama di negeri orang. Sayangnya penokohan karakternya sama sekali tidak kuat. Joop tidak terasa memiliki kedalaman sebagai seorang tokoh utama, begitu pula dengan karakter-karakter pendukung lainnya.

    Selain itu hubungan antara Joop dan Yulian tidak digali lebih dalam. Yulian yang seharusnya cinta mati sama Joop malah terasa anteng saja sesudah dia menyusul ke Australia. Joop yang juga (katanya) tidak rela meninggalkan Yulian malah terlihat santai dan tidak melakukan apapun untuk memperdalam hubungan mereka. Akhir hubungan mereka juga terasa mengambang.

    Saya tadinya mau memberikan 3 bintang kepada buku ini, tapi gara-gara banyaknya halaman buku yang tergabung (yang mengakibatkan saya harus berhenti membaca beberap kali untuk menggunting halaman yang tersambung itu), maka saya menurunkan jumlah bintang yang saya berikan menjadi 2.

    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment