Rss Feed

  1. Trash - Anak-Anak PemulungTrash - Anak-Anak Pemulung by Andy Mulligan
    My rating: 4 of 5 stars

    "Trash" bercerita soal tiga orang anak pemulung, Raphael, Gardo, dan Tikus. Suatu hari Raphael menemukan sebuah tas yang berisi dompet dan sebuah catatan dan kunci. Bersama sahabatnya, Gardo, mereka meminta bantuan Tikus (alias Jun-Jun) untuk menyembunyikan tas itu beserta isinya.

    Ternyata tas itu, sesuai dugaan Raphael, memang penting. Para polisi datang ke daerah mereka dan membayar para pemulung untuk mencari tas itu. Sepuluh ribu peso dijanjikan bagi siapa pun yang menemukan tas itu.

    Ketiga sahabat ini segera sadar bahwa apapun arti catatan itu, harganya lebih dari 10.000 peso. Mereka pun memutar otak dan terlibat dalam berbagai bahaya untuk memecahkan arti catatan itu.

    Melihat buku ini di rak toko buku, saya langsung memasukkannya dalam daftar "to-read". Kover bukunya bagus dan dari sinopsisnya juga saya rasa buku ini bagus. Setelah selesai membacanya, ternyata benar. Bukunya memang bagus.

    Ceritanya sendiri terasa seperti "cerita anak-anak" a la "Lima Sekawan"nya Enid Blyton. Bukan cuma karena faktor usia tokoh-tokohnya, tapi karena gaya penceritaannya sendiri terasa mirip. Hanya saja "Trash" memang ditargetkan untuk pembaca yang lebih dewasa sehingga ada beberapa adegan yang mengandung kekerasan.

    Membaca buku ini saya jadi berpikir soal sampah. Ada begitu banyak sampah yang secara pribadi saya hasilkan dan semuanya berakhir di tempat yang, mungkin, seperti yang digambarkan dalam buku ini. Rasanya saya harus mulai mengurangi sampah pribadi deh.

    Penceritaan dalam buku ini sendiri berpindah-pindah antar karakternya bahkan ada juga karakter yang hanya 1 kali membawakan ceritanya. Perpindahan sudut pandang ini sendiri tidak terlalu mengganggu menurut saya. Mungkin yang agak canggung adalah penggunaan sudut pandang di akhir cerita yang menggunakan penceritaan Raphael, Gardo, dan Tikus sekaligus.

    Secara keseluruhan, buku ini bagus dan patut untuk dibaca. Bagian akhirnya memang agak terasa kurang, tapi secara keseluruhan tidak mengecewakan.

    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment