Rss Feed

  1. BlessingsBlessings by Anna Quindlen
    My rating: 3 of 5 stars

    Blessings bercerita mengenai kehidupan di kediaman Blessings yang megah. Lydia Blessings, si pemilik rumah, hanya tinggal seorang diri bersama pembantu dan pengurus rumah. Suatu hari, salah seorang pengurus rumah, Skip Cuddy, menemukan sebuah karton berisi seorang bayi perempuan. Skip memutuskan untuk menjaga anak itu hingga akhirnya Lydia mengetahui hal ini. Kedatangan bayi ini lantas membawa perubahan bagi kedua orang dengan masa lalu yang menyedihkan ini.

    Ini novel yang saya beli setelah baca sedikit tentang novel ini di buku Characters, Emotion & Viewpoint: Techniques and exercises for crafting dynamic characters and effective viewpoints. Untung nemu yang jual buku ini second hand di internet. Harga buku yang baru mahal bo. Hampir 200 ribu x_X

    Saya suka dengan ceritanya, tapi ketimbang ceritanya itu sendiri, sebenarnya yang lebih menonjol adalah karakter-karakter dalam novel ini. Lydia, seorang wanita 80 tahun, digambarkan sebagai pemuja masa lalu. Dia lebih menyukai aturan-aturan lama dan benci akan perubahan-perubahan yang terjadi. Dia sendiri memiliki masa lalu yang cukup rumit. Salah satunya adalah masalah kehamilannya di luar nikah dan fakta bahwa bahkan setelah dia menikah, dia sebenarnya mencintai seorang pria lain.

    Skip Cuddy juga memiliki masa lalu yang cukup hitam. Dia pernah masuk penjara karena tuduhan membantu perampokan, walau sebenarnya itu bukan salahnya. Dia kebetulan berada di tempat dan waktu yang salah. Skip sendiri tidak memiliki hubungan yang baik dengan keluarganya. Hal inilah yang tampaknya mendorong Skip untuk merawat anak yang dia temukan. Dia ingin memiliki keluarganya sendiri, sesuatu yang dia rasa tidak dia miliki selama ini.

    Permasalahan yang saya temui saat membaca novel ini adalah banyaknya karakter yang diperkenalkan. Nama-namanya kurang membekas buat saya, sehingga walau karakter itu sudah pernah muncul, saya tetap suka bingung ini siapa.

    Pemilihan nama juga agak bermasalh buat saya. Nama semisal Blessings, Carton, Cuddy, terdengar aneh buat saya. Gak tahu deh apa ini memang nama yang umum dipakai di barat atau bagaimana. Nama Skip sendiri sempat saya kritik, tapi ternyata itu cuma nama panggilan. Nama aslinya sendiri adalah Charles Cuddy. Jadi kritik nama Skip saya tarik deh :D

    Overall, crita yang bagus, penokohan karakter utama yang menarik. Sayang karakter-karakter lainnya susah membekas di kepala saya.

    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment