Rss Feed
  1. Review Novel: Koella - Herlinatiens

    Tuesday, January 29, 2013

    Koella (new version)Koella by Herlinatiens
    My rating: 1 of 5 stars

    Judul: Koella
    Penulis: Herlinatiens
    Penerbit: DIVA Press
    Halaman: 278 halaman
    Terbit: 2012 (pertama terbit 2006)

    Ini kisah tentang Koella, si Makula Kecil. Seorang gadis yang diwarnai merah oleh orang-orang di sekitarnya, yang di-PKI-kan karena ayahnya juga di-PKI-kan. Cintanya pada Esta, seorang TNI, sulit untuk berbalas karena warna yang melekat pada dirinya itu. Mereka saling mencintai, tapi ada pagar yang membatasi cinta mereka. Hingga satu keputusan ditarik. Keputusan apa?

    Review
    Pas baca blurbnya saya langsung ambil buku ini. Saya tertarik dengan premis cerita yang ditawarkan. Seorang gadis yang dicap PKI karena ayahya di-PKI-PKI-kan. Tambah lagi kisah cintanya pada seorang pria muda yang berprofesi sebagai TNI. Wah, tambah menarik konfliknya.

    Sayangna saya merasa otak saya gak nyampe buat baca buku ini. Bahasa puitis yang digunakan membuat saya tidak betah membacanya. Rasanya hal yang sama diulang-ulang terus, membuat bosan.

    Ok, ngerti sih bagaimana sedih dan marahnya si Koella ini karena dia dicap PKI karena ayahnya dulu juga begitu. Mending kalau memang PKI dari dulu, lah ini difitnah kok.

    Tapi kalau hal yang sama diulang-ulang tiap 30 detik saya membaca, saya merasa sikapnya itu pretensius. Atau kalau enggak, drama queen banget. Tambah lagi soal rasa rindunya pada Esta yang juga diulang-ulang dengan cara yang sama. Duh.

    Saya juga suka gak ngeh sama dialog dan perbandingan yang digunakan di sini. Ada sih beberapa bagus, cuma saya banyakan gak ngehnya. Semisal:

    Terdiam dan tersenyum. Semacam setangkup toast untuk sandwich tuna yang mengisap minyak dari tuna-tuna kalengan itu. Atau entah apa. Mungkin juga beef salad yang terlalu banyak irisan ketimunnya, sehingga menjadi tidak bedanya dengan vegetables salad karenanya.


    Ngg..... Gak mudeng.

    Setengah bintang untuk novel ini. Saya banyakan skimming doang. Khususnya kalau si Koella sudah mulai soal 'saya ini PKI karena bapak saya di-PKI-kan' atau kalau dia sudah mulai soal 'Esta, aku rindu padamu'. Setengah bintang tambahan untuk kovernya yang bagus.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2013 New Authors Reading Challenge
    - 2013 What's in A Name Reading Challenge
    - 2013 TBR Pile Reading Challenge
    - 2013 Indonesian Romance Reading Challenge


    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment