Rss Feed
  1. Penderitaan Pemuda WertherPenderitaan Pemuda Werther by Johann Wolfgang von Goethe
    My rating: 2 of 5 stars

    Sebuah Karya Sastra Tentang Gagal Move On

    Judul: Penderitaan Pemuda Werther
    Penulis: Johann Wolfgang von Goethe
    Penerbit: Yayasan Obor Indonesia
    Halaman: x+224 halaman
    Terbitan: 2000

    Roman ini ditulis dengan khas dalam bentuk surat antara pemeran utama, yaitu Werther dengan seorang sahabatnya bernama Wilhelm dan jawaban Wilhelm tidak menjadi tema roman ini. Dengan kata lain roman ini ditulis sebagai monolog Werther yang menceritakan mengenai penderitaan batinnya dalam tantangan hidup, terutama penderitaannya dalam mencintai seorang wanita yang telah mengikat diri (bertunangan) dengan orang lain.

    Review
    Dulu pernah baca di suatu tempat bahwa buku ini sempat menimbulkan kehebohan di masanya. Istilahnya, buku ini menjadikan Goethe sebagai pengarang internasional beken dalam 1 malam. Yang lebih dahsyat, novel ini menimbulkan banyak aksi bunuh diri yang meniru cara Werther, si tokoh utama novel ini.

    Jadi inti novel ini adalah: kumpulan surat yang ditulis Werther untuk sahabatnya yang mengisahkan perpindahannya ke suatu daerah. Di tempat yang baru, dia bertemu dan jatuh cinta pada Lotte, seorang gadis yang telah bertunangan. Dan, yah, gara-gara cinta, meranalah hidup Werther. Apalagi Lotte kemudian menikah dengan tunangannya itu. Werther pun semakin galau. Gawatnya dia benar-benar tidak bisa move on sampai akhirnya memutuskan untuk bunuh diri.

    Jujur buku ini rada bikin saya memutar bola mata beberapa kali. Serius. Rasanya, apa yah, terlalu berlebihan? Tapi, sampai hari ini pun masih ada saja orang yang bunuh diri karena cinta, jadi tidak sepenuhnya lebay juga.

    Saya pribadi merasa kalau "Penderitaan Pemuda Werther" ini dibaca remaja-remaja galau, pasti banyak yang bisa merasa terhubung deh. Soalnya saya merasa galaunya Werther ini galau-galau ABG. Cuma kalau untuk orang dewasa, hmm...

    Yah, dua bintang. Ceritanya nggak jelek. It has its moments. Cuma gak begitu spesial juga buat saya sih.

    Kuis kecil: coba hitung berapa banyak kata 'galau' di review ini :p

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2013 New Authors Reading Challenge
    - 2013 What's in A Name Reading Challenge


    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment