Rss Feed
  1. Ender's Game (Ender's Saga, #1)Ender's Game by Orson Scott Card
    My rating: 4 of 5 stars

    Judul: Ender's Game
    Penulis: Orson Scott Card
    Penerbit: Starscape
    Halaman: 324 halaman
    Terbitan: Februari 2002

    Bumi dalam ancaman! Serangan dari makhluk luar angkasa sudah hampir menumbangkan bumi dua kali dan jelas dua kali tidak cukup. Selalu ada kemungkinan bahwa para Bugger akan kembali menyerang. Untuk itulah diperlukan seorang jenderal tangguh yang dapat memimpin pasukan bumi mempertahankan diri. Selama bertahun-tahun, bumi putus asa mencari satu orang itu, tapi hasilnya sia-sia. Hingga datanglah Ender Wiggin.

    Sebagai seorang Third, anak ketiga, Ender berada di bawah ketakutan akan Peter, kakaknya yang garang, serta cinta Valentine, kakak perempuannya yang dia sayangi.

    Sayangnya semua yang Ender miliki diambil darinya ketika dia dikirim ke Battle School. Di sana dia menjalani hidup yang keras. Bukan saja dia harus menjalani simulasi demi simulasi, dia juga mengalami tekanan dari orang-orang yang berharap padanya dan yang iri padanya. Menghadapi semua tantangan yang ada, mampukah Ender menjadi jenderal yang dibutuhkan bumi?

    Review
    Akhirnya selesai baca buku ini. Butuh 2 minggu lebih bo. Tapi yah, ada break seminggu sih, gara-gara baca Every Dead Thing buat reading challenge.

    Saya cukup suka dengan ceritanya. Plotnya sendiri standar menurutku. Bumi dalam bahaya serangan makhluk luar angkasa dan dibutuhkan pahlawan yang dapat menyelamatkan bumi. Hanya saja penggambaran simulasi pertarungan di Battle School sangat menarik dan membuat saya menantikan setiap pertarungan Ender.

    Dari segi karakter, saya merasa tokoh-tokohnya kurang karakterisasi. Tokoh-tokoh sampingan semacam Alai, Petra, Bean, dkk kurang begitu digali. Tapi ya, salah seorang teman di Goodreads, yang hobi sama sci-fi, pernah bilang kalau salah satu ciri novel sci-fi adalah kurangnya karakterisasi dan lebih fokus pada ide yang ada pada sci-fi-nya itu sendiri. Kurasa hal itu memang benar di sini.

    Akhir ceritanya cukup menarik, walau saya yakin ada juga yang bakal kurang puas dengan "twist" di akhir. Ceritanya secara keseluruhan bagus, walau ada bagian yang terasa lambat.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2013 New Authors Reading Challenge
    - 2013 Books in English Reading Challenge
    - 2013 What's in A Name Reading Challenge
    - 2013 Fantasy Reading Challenge


    View all my reviews


  2. 0 comments :

    Post a Comment