Rss Feed
  1. Sang MaharaniSang Maharani by Agnes Jessica
    My rating: 3 of 5 stars

    Judul: Sang Maharani
    Penulis: Agnes Jessica
    Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
    Halaman: 320 halaman
    Terbit: Maret 2009

    Maharani alias Rani , seorang putri jenderal pada masa penjajahan Belanda, memiliki hidup yang sempurna. Dia memiliki kecerdasan, harta, serta kehormatan. Ketika ayahnya meninggal dan Belanda kalah dari Jepang, hidupnya langsung porak poranda. Setelah dijadikan pembantu di rumahnya sendiri oleh ibu tirinya, Maharani kemudian dibawa oleh tentara Jepang untuk menjadi seorang Jugun Ianfu, seorang pelacur bagi para tentara Jepang.

    Setelah Jepang kalah pada PD II dan Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya, Rani memperoleh lagi kebebasannya dan bertemu kembali dengan Arik, adik angkatnya yang lama terpisah dengannya.

    Cinta mulai tubuh di antara mereka, tapi masa lalu terus membayangi Rani. Mampukah dia menggapai kebahagiaannya?

    Review

    Seperti biasanya, Agnes Jessica menyajikan suatu cerita roman yang solid di sini. Cara penceritaannya sederhana dan mengalir. Plotnya tidak biasa dan saya suka dengan setting zaman penjajahan yang Agnes Jessica pakai di sini.

    Satu yang saya suka dari Agnes Jessica adalah: dia tidak ragu untuk membuat karakternya menderita. Kadang ada pengarang yang terlalu sayang sama karakternya sampai terkadang, sadar atau tidak, dengan mudah memberi jalan keluar bagi setiap masalah yang karakternya hadapi. Di sini malah si pengarang tampak ingin "menyiksa" karakternya.

    Saya bisa merasa simpatik dengan Rani. Apalagi setelah dia dijadikan Jugun Ianfu. Saya juga suka dengan ketegarannya dan usahanya untuk keluar dari masalahnya, atau setidaknya meminimalkan "kerusakan" yang dia terima.

    Untuk setting waktunya, hmm... jujur saya kadang merasa settingnya terasa modern. Kadang ada dialog atau adegan yang membuat saya merasa kalau settingnya ini di era sekarang. Bukan karena ada deskripsi yang melenceng, tapi lebih ke arah feel yang didapat saat membaca.

    Terlepas dari itu, menurutku ceritanya menarik. Walau endingnya agak, err... Ada typo sekali yang saya ingat. Di hal 305, ada typo nama Janoear jadi Yanuar.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2013 What's in A Name Reading Challenge
    - 2013 Indonesian Romance Reading Challenge

    View all my reviews


  2. 0 comments :

    Post a Comment