Rss Feed
  1. Unconscious TruthsUnconscious Truths by Janice Kiecolt-Glaser
    My rating: 4 of 5 stars

    Judul: Unconscious Truths
    Penulis: Janice Kiecolt-Glaser
    Penerbit: Avon
    Halaman: 298 halaman
    Terbitan: Maret 1998

    Kitty Evanston stood by the open window of Dr. Haley McAlister's office, gulping air. Beads of sweat dripped down her face. "I can't go through with this," she said. Traumatized by nightmare memories of a prior operation at the hospital, Kitty Evanston abruptly canceled both Haley's pre-surgery psychological testing and the scheduled operation--but not before revealing the terrifying conversation she'd heard while she was under anesthetic the last time. Now she's dead. And the hospital would like to see her dark story buried with her.

    Memory testing is one of Haley's specialties, and she's not about to dismiss Evanston's recollections as psychotic. Not when the hospital is deeply involved in financial problems, FDA investigations, and cover-ups, and key hospital personnel are unwilling to cooperate with her investigation into Kitty's claims. Haley's expertise in lie detection tells her she can't trust all of her colleagues--not even the man she has begun a relationship with. And trust is one thing her life may depend on, especially when it comes to love. . .or murder.

    Review

    Sudah lama gak baca cerita detektif di luar Agatha Christie. Dalam cerita kali ini, kita bertemu dengan Dr. Haley McAlister, seorang psikolog yang bekerja untuk sebuah rumah sakit.

    Kali ini Haley mendapatkan Kitty Evanston sebagai pasiennya. Kitty mengalami semacam PTSD (post traumatic syndrome disorder) pasca operasinya. Ada sesuatu yang membuat Kitty ketakutan setelah operasi dan jawaban akan hal ini baru Haley ketahui setelah dia melihat video hasil hipnotis Kitty yang dipaparkan salah seorang koleganya dalam suatu kuliah umum.

    Masalahnya Haley tidak pernah dapat mengonfirmasikan hal ini pada Kitty karena wanita itu meninggal 3 hari setelahnya.

    Kecurigaan Haley timbul bahwa kematian Kitty tidaklah alami. Masalahnya Kitty mengaku bahwa anestesi pada operasinya gagal dan dia masih setengah sadar pada saat operasi. Hal ini membuatnya mampu mendengar percakapan saat operasi dan merasakan kesakitan saat dibedah dan dijahit, walaupun tubuhnya tidak mampu dia gerakkan.

    Kitty sendiri berniat mengajukan suatu tuntutan hukum pada RS tersebut. Di saat yang sama, Haley tahu bahwa RS tempatnya bekerja itu tengah mengalami masalah ekonomi. Mungkinkah ada orang yang tidak ingin Kitty mengajukan tuntutan itu hingga tega membunuhnya?

    Saya suka karena misterinya di sini bukan cuma soal siapa pelakunya, alias whodunit. Pertanyaan paling dasar yang Haley hadapi adalah: apakah pernyataan Kitty saat dia dihipnotis adalah benar? Haley sendiri tahu bahwa pernyataan yang dikeluarkan seseorang saat dihipnotis belum tentu 100% fakta. Di dalamnya bisa jadi ada fiksi yang tercampur dan dipercayai orang itu sebagai fakta.

    Belum lagi kemungkinan kalau apa yang Kitty alami itu hanyalah mimpi buruknya saja. Soalnya anestesi kadang menimbulkan mimpi yang kemudian dipercaya pasien sebagai kenyataan.

    Kalau pun apa yang Kitty katakan benar, Haley masih menghadapi satu pertanyaan lain. Sejauh mana ingatan Kitty 'benar'? Apakah mungkin ada sugesti kolega Haley itu yang tercampur di dalamnya?

    Semua misteri itu dibumbui juga dengan pekerjaan Haley (dia diminta pihak asuransi melakukan pemeriksaan profesional  menangani korban kapal tenggelam yang mengajukan klaim asuransi yang berhubungan dengan PTSD), intrik politik dalam RS, kisah cinta, serta kecurigaan apakah pria yang dia sukai sebenarnya memiliki keterlibatan dalam kasus Kitty.

    Berhubung penulis cerita ini adalah seorang profesor dan kepala divisi kesehatan psikologi di Ohio State University College of Medicine, jadi saya percaya saja pada semua hal berbau psikologi yang ada di sini. Penulisan Janice Kieolt-Glaser cukup baik buat saya. Tokoh-tokohnya juga menarik dan cukup kompleks dan saya cukup suka pada Haley sebagai tokoh utama. Sangat saya sayangkan bahwa penulis ini hanya menulis 2 novel sejauh ini.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2013 New Authors Reading Challenge
    - 2013 Books in English Reading Challenge


    View all my reviews


  2. 0 comments :

    Post a Comment