Rss Feed
  1. Annie on My MindAnnie on My Mind by Nancy Garden
    My rating: 4 of 5 stars

    Judul: Annie on My Mind
    Penulis: Nancy Garden
    Penerbit: Aerial Fiction
    Halaman: 233 halaman
    Terbitan: 1992 (pertama terbit 1982)

    This groundbreaking book is the story of two teenage girls whose friendship blossoms into love and who, despite pressures from family and school that threaten their relationship, promise to be true to each other and their feelings. This book is so truthful and honest, it has been banned from many school libraries and even publicly burned in Kansas City.

    Of the author and the book, the Margaret A. Edwards Award committee said, “Nancy Garden has the distinction of being the first author for young adults to create a lesbian love story with a positive ending. Using a fluid, readable style, Garden opens a window through which readers can find courage to be true to themselves.”

    Review


    "Annie on My Mind" bercerita tentang dua orang gadis muda. Liza, si ketua murid di sekolah swasta Foster, suatu hari bertemu dengan Annie, seorang gadis periang dengan bakat seni yang luar biasa, di museum. Dari satu pertemuan itu berlanjut ke pertemuan-pertemuan selanjutnya. Hingga akhirnya mereka sadar bahwa mereka jatuh cinta satu sama lain.

    Ya, ini memang novel dengan tema lesbian.

    Saya cukup suka pada karakter-karakternya. Liza si ketua murid di sebuah sekolah swasta, yang bercita-cita untuk menjadi arsitek, dan Annie si periang dan berbakat seni, yang sekolah di sebuah tempat yang berbalik 180 derajat dari sekolah Liza. Tentu saja dalam kasus mereka, bukan perbedaan yang menghambat hubungan. Persamaan merekalah yang menjadi tantangan terbesar.

    Novel ini sendiri bersikap sangat positif terhadap lesbianisme. Mendukung malah. Tentu saja ini tidak berarti bahwa hubungan Liza dan Annie lancar jaya sepanjang novel. Tidak. Hubungan mereka memiliki naik-turunnya sendiri. Ada tantangan dari luar, juga dukungan dari orang terdekat, yang mendampingi kisah cinta mereka.

    Kalau mencari novel bertema LGBT dengan pesan dan akhir yang positif (seperti yang tertera di blurb-nya), maka saya merekomendasikan novel ini.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2013 New Authors Reading Challenge
    - 2013 Books in English Reading Challenge
    - 2013 What's in A Name Reading Challenge

    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment