Rss Feed
  1. Review Novel: Baselove - Riyan Raditya

    Saturday, December 21, 2013

    BaseloveBaselove by Riyan Raditya
    My rating: 1 of 5 stars

    Judul: Baselove
    Penulis: Riyan Raditya
    Penerbit: Noura Books
    Halaman: 276 halaman
    Terbitan: Oktober 2013

    “Kenapa kamu sangat suka bermain bisbol?”
    Coba berikan pertanyaan itu kepada Aditya, pitcher tim, maka dia akan teringat seseorang di masa kecilnya. Tapi sudah lama dia tidak merasakan gairah saat bertanding karena tim mereka selalu kalah!

    “Kenapa kamu sangat bersemangat menjadi manajer tim?”
    Berikan pertanyaan itu kepada Abby, si manajer baru. Dia akan menjawab bahwa bisbol adalah hidupnya. Tapi dia benci pada pemain yang tidak serius berlatih atau bertanding setengah hati.

    ***

    Seperti sepasang pitcher dan batter dalam pertandingan, mereka berhadapan. Bayangkan lemparan bola seperti sebuah perasaan: bola melayang di udara dan tongkat berayun. Jika terpukul, mungkin bola akan kembali ditangkap dengan senang hati. Jika meleset, rasanya seperti cinta tak berbalas. Namun, pertandingan tidak hanya satu inning saja, masih ada kesempatan bagi hati untuk menentukan siapa pemenangnya.

    Review

    Awal saya melihat novel ini di rak toko buku, saya langsung berpikir, "Wah, kayaknya novelnya bagus nih."

    Serius. Kovernya cantik, blurb di kover belakangnya menarik, dan tema bisbol yang diangkat tidak biasa.

    Sayangnya, saya kecewa berat setelah menutup buku ini.

    Narasinya aneh. Banyak bagian yang membuat saya berhenti baca karena merasa "lucu" dengan narasinya. Saya sempat catat beberapa di HP, cuma catatannya kehapus =_=". Penggunaan interjeksi satu kata pada dialog, seperti 'eh?' atau 'ah?'-nya juga agak kebanyakan dan itu cukup mengganggu buat saya.

    Selain masalah narasi, saya juga punya masalah dengan karakter-karakternya. No likeable character at all. Tokoh utama ceweknya, Abby, tidak terlalu menonjol kepribadiannya. Cenderung membosankan malah. Tokoh cowoknya, si Aditya, kasar dan kalau bicara penuh tanda seru (alias hobi membentak). Terus di akhir mereka (semacam) jadian. Itu... aneh banget. Saya gak merasa ada chemistry di antara mereka soalnya. 

    Karakter pendukungnya? Duh, sama aja. Si Revan gak jelas, si Morie dangkal khas cewek saingan cinta yang bitchy, si trio yang hobi ngelawak garing. Pada akhirnya, saya tidak punya satu karakter pun yang berkesan di hati.

    Bisbol jadi satu-satunya bagian menarik di sini. Saya bahkan sempat skip ceritanya karena pengin lihat pertandingan selanjutnya seperti apa. Sayangnya porsi pertandingan di novel ini sedikit banget. Bahkan finalnya cuma makan 4 halaman.

    Kesimpulan akhir? Kover cantik, blurb mengundang, narasi agak aneh, tokoh tidak menarik, bisbolnya oke tapi terlalu sedikit. Kalau dibanyakin saya pasti kasih 2 bintang deh.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2013 New Authors Reading Challenge
    - 2013 Indonesian Romance Reading Challenge

    View all my reviews


  2. 0 comments :

    Post a Comment