Rss Feed
  1. Review Buku: Train Man - Hitori Nakano

    Wednesday, January 29, 2014

    Train ManTrain Man by Hitori Nakano
    My rating: 4 of 5 stars

    Judul: Train Man
    Penulis: Hitori Nakano
    Penerbit: Qanita
    Halaman: 436 halaman
    Terbitan: Mei 2013

    Sebagai seorang bujang lapuk dan otaku, si Pria Kereta tidak pernah menyangka bahwa suatu hari dia bisa dekat dengan seorang gadis. Apalagi gadis ini jauh lebih baik dari dia. Namun kali ini si Kereta telah membulatkan tekadnya untuk mendekati Hermes, nama panggilan gadis yang dia tolong di kereta.

    Dengan bantuan orang-orang di internet, Kereta maju dalam "pertempuran" untuk memperoleh hati Hermes.

    Review

    Kalau melihat secara garis cerita, "Train Man" sebenarnya memiliki plot yang cukup "pasaran". Seorang pria otaku/nerd/sebangsanya menolong seorang cewek cakep, lalu si cewek melakukan sesuatu sebagai tanda terima kasih, lalu dari situ kisah cinta mereka tumbuh. Yang menjadikannya spesial? Karena "Train Man" berdasarkan pada kisah nyata... atau setidaknya terlihat seperti itu.

    Buku ini berisi kumpulan posting di 2channel (semacam forum yang sifatnya anonim) yang menjadi tempat awal kisah "Train Man". Di 2channel itulah Kereta menceritakan kisahnya dan memperoleh dukungan dari orang-orang di papan forum tersebut.

    Karena berupa kumpulan posting, buku ini berisi hal-hal yang khas posting di forum internet. Emotikon, ASCII art, post satu atau dua kalimat, tautan, dan obrolan yang kadang bisa ke mana-mana.

    Isinya seru dan lucu. Saya kagum pada penerbitnya yang mau bersusah payah menerjemahkan ASCII art di buku ini. Yang berarti harus menyesuaikan lagi posisinya supaya pas dengan bahasa Indonesia.

    Btw, Hitori Nakano bukanlah nama orang, melainkan sebuah istilah yang berarti: orang-orang yang merupakan bagian dari suatu forum di internet."

    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment