Rss Feed
  1. Kimchi I Like ItKimchi I Like It by Ratna Farida
    My rating: 1 of 5 stars

    Judul: Kimchi, I Like It...
    Penulis: Ratna Farida
    Penerbit: de Teens
    Halaman: 180 halaman
    Terbitan: Juli 2013

    Berawal dari sebuah misi, Vicha dan si murid asal Korea semakin dekat. Namun di sisi lain, seorang sahabat Vicha tidak mau kalah menyatakan cinta, hingga kecemburuan pun menjadi awal keretakan di antara mereka. Meski sulit, tapi keputusan pun harus tetap dibuat oleh Vicha. Ya, Cinta itu memang seperti Kimchi, rasanya berbaur manis, asam, asin dan pedas.

    Review

    Kesan pertama saya setelah selesai membaca novel (novelet?) ini adalah: blurb-nya "menipu". Kalau baca blurb-nya, kukira ceritanya bakal jadi masalah cinta segitiga antara Vicha, Hyung (nama si murid Korea), dan temannya Vicha (yang cewek). Ternyata malah jadi cinta segitiga 2 cowok dan 1 cewek. Dan jujur saya tidak melihat ada "keretakan" seperti yang tertulis di blurb. Adem ayem aja tuh.

    Ceritanya sendiri terasa sangat teenlit. Termasuk adegan pembukanya ketika Vicha telat, buru-buru, lalu tabrakan dengan Hyung hingga barang-barang yang dia bawa berjatuhan.

    Untuk plotnya, yah, terasa biasa aja sih buat saya. Misi yang ditulis di blurb itu adalah lomba karya tulis tentang Korea yang Vicha ikuti karena disuruh oleh kepala sekolahnya. Heran juga sih, lomba beasiswa, tapi kayaknya hanya terbuka untuk 1 murid per sekolah? Hmm...

    Untuk bahasa dan gaya penceritaan, terasa ringan dan sederhana. Khas novel remaja. Saya tidak punya masalah di bagian ini.

    Untuk tokoh, masih belum terlalu dalam. Si Vicha cewek cerdas (mungkin) yang hobi marah-marah dan malu-malu kucing. Si Hyung juga masih hanya sekedar cowok cakep dengan sikap super manis.

    Kesimpulan? Novel (apa novelet sih? Tipis banget soalnya) yang cukup baik. Sederhana dan dapat selesai dibaca dengan cepat. Hanya saja novel ini not really my cup of tea. Sorry.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2014 Young Adult Reading Challenge


    View all my reviews


  2. 0 comments :

    Post a Comment