Rss Feed
  1. The TouchThe Touch by Daniel Keyes
    My rating: 1 of 5 stars

    Judul: The Touch
    Penulis: Daniel Keyes
    Penerbit: Ufuk Fiction
    Halaman: 356 halaman
    Terbitan: September 2009

    Akibat sebuah kecelakaan industri, Barney Stark tanpa disadari telah menyebarkan debu radioaktif di lingkungan tempat tinggalnya. Istri dan calon anak mereka yang masih dalam kandungan pun terkena dampaknya. Apa yang terjadi selanjutnya? Mampukah Barney menyelamatkan istri dan anaknya? Atau, ini adalah awal dari sebuah mimpi buruk?

    Review

    Sebelumnya saya sudah 2 kali "berkenalan" dengan Daniel Keyes. Yang pertama terjadi bertahun-tahun yang lalu, mungkin waktu saya SMA (gila, kalau dipikir-pikir itu sudah lama banget), lewat buku "24 Wajah Billy". Itu salah satu buku yang membekas banget di saya.

    "Perkenalan" kedua saya lewat novel "Charlie Si Jenius Dungu", alias "Flowers for Algernon", yang reviewnya bisa dibaca di sini. Ini juga salah satu buku yang membekas buat saya. Ide cerita dan eksekusinya sangat menarik dan saya menjadi semacam fans Om Keyes ini.

    Lalu datanglah "The Touch".

    Pertama saya harus bilang kalau buku ini tidak jelek. Saya mengerti apa yang ingin digambarkan penulisnya di sini dan, saya rasa, penulisnya cukup berhasil. Hanya saja buku ini juga... membosankan.

    Build up yang penulisnya bangun terasa terlalu lama. Butuh waktu yang terlalu lama dari awal kejadian pemaparan radioaktif, sampai terjadinya histeria massa yang berdampak pada pengucilan Barney dan istrinya. Apalagi di antaranya kebanyakan berisi kegiatan sehari-hari, drama mertua-menantu (yang walau masuk akal, tapi tidak terlalu menarik minat), masalah orang tua-anak, sampai ke cinta lama yang kembali dan ternyata telah bergabung ke suatu sekte keagamaan fanatik. Yang terakhir itu yang paling bikin saya merasa buang-buang halaman.

    Tambah lagi akhir ceritanya yang kayak gitu. Huft.

    Oh, ngomong-ngomong, ceritanya sama sekali tidak berhubungan dengan cowok ganteng yang bisa mengeluarkan cahaya dari tangannya. Kovernya sama sekali tidak ada hubungan dengan cerita.

    Secara keseluruhan saya kurang suka novel ini. Walau saya rasa novel ini bakal cocok dengan orang yang suka sama kisah tragedi sih.


    View all my reviews


  2. 0 comments :

    Post a Comment