Rss Feed
  1. Selingkuh itu IndahSelingkuh itu Indah by Agus Noor
    My rating: 3 of 5 stars

    Judul: Selingkuh Itu Indah
    Penulis: Agus Noor
    Penerbit: Galang Press
    Halaman: 237 halaman
    Terbitan: Maret 2001

    Buku kumpulan cerpen karya Agus Noor. Buku kumpulan cerpen yang mengangkat tema, sesuai judulnya, 'selingkuh itu indah'.


    Ini kumcer kedua dari Agus Noor yang saya baca. Sebelumnya pernah baca Sepotong Bibir Paling Indah di Dunia dan saya sangat terkesan dengan cerita-cerita di dalamnya.

    Sayangnya kali ini saya tidak mendapatkan perasaan yang sama.

    Kali ini saya merasa cerita-ceritanya biasa saja. Banyak twist di akhir cerita yang berhasil saya tebak setelah 1 atau 2 halaman. Cerita-ceritanya juga kurang berhasil memberi rasa 'wah' yang saya harapkan. Tapi bukan berarti cerita-ceritanya jelek loh ya. Bagus, cuma kurang mencapai harapan.

    Ada 2 cerita yang saya suka:
    1. Kau Tahu Betapa Aku Mencintaimu, Kekasihku! - cerpen yang bercerita tentang seorang pelacur yang jatuh cinta pada seorang pria, yang dikenal sebagai penjahat besar. Suatu hari pria itu menghilang dengan menyisakan sebuah belati. Belati itu menjadi pengganti pria bagi si wanita yang perlahan-lahan kehilangan kewarasannya.

    Kenapa saya suka? Pertama, saya suka passion yang ditunjukkan si wanita. Kedua, saya suka cara penulis membawa karakternya dalam kegilaan dan rasa bingung pembaca. Ketiga, saya suka akhir ceritanya.

    2. Dongeng Hitam Buat Kekasih - cerpen yang bercerita tentang seseorang yang lahir dari televisi. Tumbuh menjadi seorang pembunuh dan pemerkosa, lalu akhirnya menjadi 'pahlawan' di layar kaca.

    Kenapa saya suka? Ini cerpen yang saya cari-cari di sepanjang buku. Cerpen yang punya rasa 'wah' itu.

    Awalnya saya merasa ceritanya terlalu absurd, tapi semakin ke belakang, ceritanya semakin mudah dipahami. Saya kurang tahu apa maksud sebenarnya dari cerita ini, tapi kalau yang kutangkap, cerpen ini semacam kritik terhadap tampilan di televisi yang menjual seks dan kekerasan. Saya jadi ingat komentar di forum GR. Ada yang pernah bilang sex sells. Sex with violence sells harder. Mungkin memang benar.


    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment