Rss Feed
  1. Review Novel: Rafilus - Budi Darma

    Thursday, August 21, 2014

    RafilusRafilus by Budi Darma
    My rating: 1 of 5 stars

    Judul: Rafilus
    Penulis: Budi Darma
    Penerbit:  Jalasutra
    Halaman: 239 halaman
    Terbitan: Mei 2008

    Salah satu novel yang unik dan absurd ini adalah Rafilus, Rafilus merupakan perjalanan imajinasi Budi Darma dengan cermat, tema, penokohan, dan cara penyajian yang khas, sehingga membuat tokohnya seperti Rafilus, Tiwar, Pawestri, Jumarup, dan Munandir menjadi sangat radikal dan dan seringkali melakukan tindakan-tindakan mengejutkan, surealis, dan mengajak kita untuk menjelajahi absurditas manusia. Keunggulan Budi Darma adalah mengajak kita berkeliling ke kota Surabaya yang gelap dan temaram. Dengan teknik bercerita yang menggunakan teknik kolase dan gaya bahasa repetisi, novel ini terasa kuat menggambarkan kehidupan kelas bawah di Surabaya dan kekuatan takdir atas manusia. Rafilus adalah Rafilus.

    Review

    Saya bingung. Ini sebenarnya novel atau kumpulan biografi sih? Seperti yang sudah disebutkan di atas, novel ini memiliki beberapa tokoh, antara lain: Rafilus, Tiwar, Pawestri, Jumarup, dan Munandir. Tiwur adalah tokoh utama dalam buku ini. Lewat dialah kita diajak untuk berkenalan dengan tokoh-tokoh lainnya.

    Budi Darma memberikan banyak ruang dan waktu bagi setiap tokohnya untuk bercerita. Setiap tokoh memaparkan tentang latar belakang kehidupannya, kehidupannya saat ini, serta hubungannya dengan tokoh lain. Kebanyakan dari ceritanya berputar pada soal seks dan hamil. Kebanyakan dari kehamilan itu terjadi di luar nikah.

    Jujur saya merasa bosan banget baca novel ini. Ceritanya tidak jelas arahnya. Hanya sekumpulan karakter yang sibuk bercerita tentang dirinya sendiri, kemudian dirangkai supaya berhubungan di akhir cerita.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2014 New Authors Reading Challenge

    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment