Rss Feed
  1. 2015 New Authors Reading Challenge

    Wednesday, January 7, 2015

    New Authors Reading Challenge is back! Salah satu RC kesukaan saya ini kembali diselenggarakan oleh Mbak Ren. Kali ini dengan twist baru di dalamnya.

    RULES

    1. Durasi challenge ini adalah setahun. Dimulai dari tanggal 1 Januari -31 Desember 2015

    2. Buku yang dibaca adalah buku fiksi dan nonfiksi.
    Bagaimana dengan Kumcer atau anthology? Saya perbolehkan dengan catatan:
    a. Kumcer ditulis oleh satu penulis saja. Contoh: Orang - orang Tanah karya Poppy D.Chusfani
    b.Boleh mengambil kumcer dengan jumlah penulis yang berpartisipasi maksimal 5 (lima) orang dan harus ada minimal 2 (dua) penulis yang merupakan penulis baru untuk partisipan.

    Berikut ini adalah buku yang tidak termasuk dalam reading challenge ini : Komik, Graphic Novel,  Novelette (cerpen), Majalah, Essai, Jurnal, Buku Teks Pelajaran.

    3 Jumlah halaman minimal buku yang bisa masuk dalam challenge ini adalah 150 halaman. Jika teman - teman membaca versi ebook, silakan gunakan versi paperbacknya sebagai acuan (bisa dilihat di Goodreads atau Amazon). Jika tidak ada versi paperbacknya, silakan mengacu pada ebook yang kalian baca

    4. Harus karya pengarang yang baru bagi peserta. Jadi belum pernah dibaca sebelumnya. Apakah debut masuk? Boleh. Apakah karya lama (misal classic) masuk? Selama pengarang itu tidak pernah kalian baca karyanya, maka diperbolehkan.

    5. Diperbolehkan membaca baik edisi terjemahan maupun edisi bahasa asli (Inggris, Korea, Jepang, Jerman, etc). Pengarang dari Indonesia maupun dari luar negeri diperbolehkan.

    6. Tidak diperbolehkan re-read (membaca ulang)

    7. Jika buku yang dibaca adalah bagian dari serial, hanya buku pertama yang masuk dalam challenge ini. Buku selanjutnya tidak dihitung. Namun, tidak masalah jika by accident, kamu malah membaca buku yang ke-2 atau ke-3, selama itu kali pertama kalian membaca buku karya pengarang yang bersangkutan.

    8. Satu pengarang satu buku (termasuk juga kumcer). Jadi jika nanti ada entri double saat update progress, saya berhak untuk menghapusnya

    9. Boleh digabung dengan reading challenge lain, baik dari blog ini, blog - blog lain atau challenge di Goodreads.

    10. Tidak wajib membuat master post. Karena saya tahu bikin master post itu bisa sangat merepotkan (hahaha XD), jadi untuk opsi ini tidak saya wajibkan :). Jika tidak membuat masterpost, mohon setelah mendaftarkan link blog kalian dan juga alamat email di kolom komentar, sebutkan level dan  kategori khusus yang akan kalian ambil  di kolom komentar.

    Bagi yang tidak punya blog, bisa membuat shelf di Goodreads dengan nama shelf "Challenge New Author RLC 2015" dan silakan daftarkan linknya di kolom komentar. Jika tidak punya Goodreads dan blog, silakan hubungi saya.

    11. Level challenge "New Authors" :

    Easy : 1-15 buku
    Middle : 15-30 buku
    Hard: 30-50 buku
    Maniac : > 50 buku

    Naik level diperbolehkan, jika peserta mengambil level Easy, Middle, dan Hard. Mohon untuk memberitahukan ke saya di postingan ini jika ingin naik level :)

    12. Berikut ini adalah kategori khusus untuk NARC. Kategori ini semacam RC tambahan di dalam NARC. Tidak wajib diambil, tapi bagi yang menginginkan challenge tambahan bisa mengambilnya. Kategori yang ingin diambil terserah, boleh pilih semuanya atau boleh pilih minimal 2 (dua) kategori :

    a. What's in a Name: Baca buku karya pengarang baru dengan nama tokoh di judulnya. Baca minimal 6 (enam) judul buku dalam setahun.

    b. Genre 101 : Baca buku karya pengarang baru dengan genre - genre ini. Silakan pilih minimal 12 (dua belas) genre dan baca minimal 1 (satu) judul buku untuk tiap genre yang dipilih. Maksimal genre yang diambil dan buku yang dibaca tiap genrenya tidak dibatasi. Jenis genre:

    Fantasy, Contemporary Romance, Thriller, New Adult, Religion/Spiritual,  Erotica, Asian Lit, History (boleh fiction ataupun romance), Urban Fantasy, Children Lit, Mystery/Crime, Steampunk, Humor, Sport, Young Adult, Science Fiction, Paranormal Romance, LGBT, Horror, Dystopia,  Holiday, Classic, Chiclit, Music, Travel, Biography, Adventure, Women Fiction.

    Total minimal buku yang dibaca: 12 (dua belas) buku

    Terkait tentang genre ini, untuk menentukan genre buku yang teman - teman baca silakan mengacu pada Goodreads atau web pengarang yang bersangkutan :). Jika masih ragu silakan bertanya disini, supaya saya atau teman lain yang lebih paham bisa membantu. Apabila dalam buku yang dibaca teman - teman misalnya memiliki dua genre (misal genrenya YA dan Steampunk) silakan pilih salah satu saja yang merupakan genre yang utama.

    c. Girl Power! : Baca buku karya pengarang baru dengan karakter utama wanita yang kuat, mandiri, cerdas, well, silakan tentukan karakteristik tokoh utama yang masuk dalam kategori ini ;). Baca minimal 6 (enam) judul buku dalam setahun.

    d. Ebook Lover: Untuk kamu yang pecinta ebook. Baca minimal 6 (enam) judul buku karya pengarang baru dengan format ebook dalam setahun.

    e. Series Addict: Yang ingin mencoba seri buku baru. Baca minimal 6(enam) judul buku dari sebuah seri karya pengarang baru dalam setahun. Terkait dengan kategori ini, tetap mengacu ke rules no 7 :).

    f. Support Local Author: Mari baca buku karya pengarang baru dari negara kita tercinta, Indonesia! :D Baca minimal 6 (enam) judul buku dalam setahun

    Catatan:
    # Jika teman - teman memilih salah satu dari kategori di atas, buku - buku yang dibaca tetap masuk dalam level yang sudah diambil.
    Sebagai contoh: A mengambil level Easy (baca 15 buku) dan memilih kategori Ebook Lover. Selama setahun dia membaca 7 buku dengan format ebook. Maka 7 buku ini tetap masuk dalam 15 buku yang harus dibaca selama setahun oleh A.
    # Jika teman - teman memilih lebih dari 1 (satu) kategori khusus, buku yang dibaca hanya boleh masuk dalam 1 (satu) kategori saja.
    Sebagai contoh: B mengambil kategori What's in a Name dan Genre 101 Ia lalu membaca Acheron yang masuk dalam dua kategori itu. Maka B harus memilih salah satu, apakah masuk di What's in a Name atau Genre 101.

    13. Tidak wajib untuk mereview. Jika ingin mereview, bisa menulis review di blog maupun Goodreads. (atau di notes FB).Untuk yang memberikan review buku saat update progress akan ada rewardnya :D.

    14. Pendaftaran dibuka mulai hari ini (5 Januari 2015) dan dibuka sampai 1 Desember 2015. Peserta dibebaskan untuk mendaftar kapan saja.

    15. Update reading progress akan dibuka setiap dua bulan sekali. Akan diadakan giveaway untuk peserta yang mengupdate progressnya saat link update dibuka.

    16. Blogger yang menjadi partisipan, mohon untuk mencantumkan button reading challenge di bawah ini di masterpost (jika membuat) dan sidebar blog kalian. Mohon untuk mencantumkan linkback ke postingan blog ini :) (button bisa diambil di blog Mbak Ren)


    Untuk tahun ini, saya mengambil level "Maniac" dan untuk challenge tambahannya, saya ambil semuanya. MUAHAHAHAHA! *heh *dikeplak.

    Seperti biasa, semua buku yang masuk RC ini akan saya perbarui terus di post ini :D

    Januari
    1. The Real Past - Ayu Dewi
    2. Automatic Love - Annia Sora
    3. The Cuckoo's Calling - Dekut Burung Kukuk - Robert Galbraith
    4. A World Without Heroes - Brandon Mull
    5. My Curly Love - Guntur Alam
    6. Cloud Atlas - David Mitchell
    7. Weh: Menuntaskan Janji yang Tersisa - Pia Devina
    8. The Jungle Book - Rudyard Kipling

    Februari
    9. Gracefully Grayson - Ami Polonsky
    10. Apple Wish - Alfian Daniear
    11. Looking for Alibrandi - Melina Marcheeta
    12. Forgive Me, Leonard Peacock - Matthew Quick
    13. Cheer Boy!! - Asai Ryo
    14. Negeri Atas Angin - Wina Bojonegoro
    15. Riana: I'm the Other Woman - Fifi Mardhi
    16. Confession - Fakhrisina Amalia Rovieq
    17. Lord of the Flies - William Golding

    Maret
    18. The Rising Star - Angelique Puspadewi
    19. The Martian - Andy Weir
    20. Parahyangan 147 - Mita Miranti, Moemoe Rizal, Rezza Brahma, Tita Rosianti, Bisma Dwibangga
    21. This Guy Is Mine - Gunan Ariani
    22. The Fifth Wave - Rick Yancey
    23. The Wind Leading to Love - Yuki Ibuki
    24. The Immortal - Christopher Pike
    25. Gloomy Gift - Rhein Fathia
    26. Dunia Trisa - Eva Sri Rahayu
    27. Tabir Nalar - Rynaldo Cahyana Hadi
    28. Last Roommate - Theresia Anik
    29. Kismet - Nina Addison
    30. Divergent - Veronica Roth
    31. My Brother, My Hero - Istu
    32. BioShock: Rapture - John Shirley

    April
    33. Get Lost - Dini Novita Sari
    34. To All the Boys I've Loved Before - Jenny Han
    35. Perfection - Farrahnanda
    36. The Great Gatsby - F. Scott Fitzgerald
    37. Angela - Hardy Zhu
    38. Maharesa - Maureen Theodora
    39. Rust in Pieces - Nel Falisha
    40. To Kill a Mockingird - Harper Lee
    41. Childhood's End - Arthur C. Clarke

    Mei
    42. Age of the Seer - Michael Joseph Murano
    43. Singapore Begins - Agata Barbara
    44. Still Alice - Lisa Genova
    45. All I (N)ever Wanted - Maida Ivana
    46. A Girl Who Loves a Ghost - Alexia Chen
    47. "Aku Kesepian, Sayang." "Datanglah, Menjelang Kematian." - Seno Gumira Ajidarma
    48. Sebelas - Dya Ragil
    49. Angels of Morning Star Club - Lim Se Hyuk
    50. CineUs - Evi Sri Rezeki
    51. 100 Tahun Musik Indonesia - Denny Sakrie
    52. Follow Your Passion: Be a Writer - Dr. Saifur Rohman
    53. The Brief Wondrous Life os Oscar Wao - Junot Díaz
    54. Second Chance Boyfriend - Monica Murphy
    55. Bea Tunangan, Euy! - Anjar Anastasia
    56. Swiss: Little Snow in Zürich - Alvi Syahrin
    57. Reva's Tale - Ruby Astari

    Juni
    58. Summit - Peringga Ancala
    59. Then I Hate You So - Andry Setiawan
    60. Girls in the Dark - Akiyoshi Rikako
    61. Proyek Maut - Eddie Sindunata
    62. Istana di Atas Pasir - Bey Tobing
    63. Mr. Cavendish, I Presume - Julia Quinn
    64. The Killing Moon - N. K. Jemisin
    65. I Need You; I Just Can't Show You - Yoana Dianika
    66. Maya; and the darkness surrounding - Arikho Ginshu
    67. Violetta, Yang Melupakan Kenangan - Rosgadini

    Juli
    68. Ocean Breeze - Cepi R. Dini
    69. Nineteen Eighty-Four - George Orwell
    70. Sweet Karma - Ayudewi
    71. Sastra, Perempuan, Seks - Katrin Bandel
    72. Rising Tide: Dark Innocence - Claudette Melanson

    Agustus
    73. Above the Stars - D. Wijaya
    74. Sastra Indonesia Dalam Enam Pertanyaan - Ignas Kleden
    75. Marry Now, Sorry Later - Christian Simamora
    76. Perempuan-Perempuan Tersayang - Okke Sepatumerah
    77. Sahara - Nugraha Wasistha
    78. Kita & Rindu yang Tak Terjawab - Dian Purnomo

    September
    79. Mesopotamia - Senja Nilasari
    80. Sang Bintang - Jacqueline Wilson
    81. Brink of Senses - Mertha Sanjaya

    October
    82. Operation: Break the Cassanova's Heart - Aly Almario
    83. Cinder - Marissa Meyer

    Desember
    84. Jika Aku Milikmu - Bernard Batubara
    85. Isinga: Roman Papua - Dorothea Rosa Herliany
    86. Aruna & Lidahnya - Laksmi Pamuntjak

    Tantangan Tambahan:

    What's In A Name:

    1. Gracefully Grayson - Amy Polonski (Februari)
    2. Looking for Alibrandi - Melina Marcheeta (Februari)
    3. Forgive Me, Leonard Peacock - Matthew Quick (Februari)
    4. Riana: I'm the Other Woman - Fifi Mardhi (Februari)
    5. Dunia Trisa - Eva Sri Rahayu (Maret)
    6. The Great Gatsby - F. Scott Fitzgerald (April)

    Genre 101:

    1. Children lit: The Jungle Book - Rudyard Kipling (Januari)
    2. Sport: Cheer Boy!! - Asai Ryo (Februari)
    3. Adventure: Lord of the Flies - William Golding (Februari)
    4. Science fiction: The Martian - Andy Weir (Maret)
    5. Chiclit: This Guy Is Mine - Gunan Ariani (Maret)
    6. Asian lit: The Wind Leading to Love - Yuki Ibuki (Maret)
    7. Young Adult: The Immortal - Christopher Pike (Maret)
    8. Contemporary romance: Kismet - Nina Addison (Maret)
    9. Paranormal Romance: A Girl Who Loves a Ghost - Alexia Chen (Mei)
    10. Music: 100 Tahun Musik Indonesia - Denny Sakrie (Mei)
    11. History: The Brief Wondrous Life os Oscar Wao - Junot Díaz (Mei)
    12. New Adult: Second Chance Boyfriend - Monica Murphy (Mei)

    Girl Power:
    1. My Curly Love - Guntur Alam (Januari)
    2. The Fifth Wave - Rick Yancey (Maret)
    3. To Kill a Mockingbird - Harper Lee (April)
    4. Still Alice - Lisa Genova (Mei)
    5. Summit - Peringga Ancala (Juni)
    6. Sweet Karma - Ayudewi (Juli)
    Ebook Lover:

    1. Tabir Nalar - Rynaldo Cahyana Hadi (Maret)
    2. Get Lost - Dini Novita Sari (April)
    3. Follow Your Passion: Be a Writer - Dr. Saifur Rohman (Mei)
    4. Rising Tide: Dark Innocence - Claudette Melanson (Juli)
    5. Sahara - Nugraha Wasistha (Agustus)
    6. Isinga: Roman Papua - Dorothea Rosa Herliany (Desember)
    Series Addict:
    1. The Cuckoo's Calling - Dekut Burung Kukuk (Cormoran Strike, #1) - Robert Galbraith (Januari)
    2. A World Without Heroes (Beyonders, #1) - Brandon Mull (Januari)
    3. Divergent (Divergent, #1) - Veronica Roth (Maret)
    4. To All the Boys I've Loved Before (To All the Boys I've Loved Before, #1) - Jenny Han (April)
    5. Age of the Seer (Epic of Ahiram, #1) - Michael Joseph Murano (Mei)
    6. Cinder (The Lunar Chronicles, #1) - Marissa Meyer (Oktober)

    Support Local Author:
    1. The Real Past - Ayu Dewi (Januari) 
    2. Automatic Love - Annia Sora (Januari)
    3. Weh: Menuntaskan Janji yang Tersisa - Pia Devina (Januari)
    4. Apple Wish - Alfian Daniear (Februari)
    5. Confession - Fakhrisina Amalia Rovieq (Februari)
    6. The Rising Star - Angelique Puspadewi (Maret)

  2. 1 comments :

    1. maipura said...

      ini maksudnya apaan ya?

    Post a Comment