Rss Feed
  1. InsurgentInsurgent by Veronica Roth
    My rating: 3 of 5 stars

    Judul: Insurgent
    Penulis: Veronica Roth
    Penerbit: Mizan Fantasi
    Halaman: 551 halaman
    Terbitan: Desember 2012

    "Satu pilihan bisa mengubahmu, atau justru menghancurkanmu."

    Konsekuensi pilihan yang diambilnya membuat Tris terjebak dalam faksi pengkhianat yang membunuh keluarganya. Kini, Tris harus mencoba menyelamatkan orang-orang yang disayanginya, juga dirinya sendiri, sementara benaknya dikacaukan oleh berbagai pertanyaan tentang kesetiaan, identitas, dan pengampunan.

    Ketika ancaman perang dan perpecahan faksi semakin mengancam, Tris harus memutuskan, tetap pada identitasnya sebagai Dauntless atau memunculkan dirinya yang sejati. Sebagai Divergent. Sebuah identitas yang dianggap berbahaya dan dihindari semua faksi.

    Lanjutan seri Divergent yang menjadi Best Fantasy Book di Goodreads Choice Award ini tak mengecewakan pembaca. Seru, menegangkan, namun juga dibumbui dengan kisah cinta, patah hati, dan filosofi menggugah tentang manusia dan kehidupan.

    Review

    Mengandung spoiler!!!


    Sudah dibilangin pakai spoiler loh ya. Sampai ada tiga tanda seru pula.

    Fiuh, luar biasa. Dalam waktu singkat bisa baca novel setebal 551 halaman ini hingga selesai.

    Saya harus mengakui bahwa Veronica Roth piawai dalam membangun cerita dan membuat penasaran. Saya begadang sampai jam setengah tiga pagi untuk menyelesaikan buku ini, saking pengin tahu akhir ceritanya gimana :)).

    Perasaan saya sedikit tercampur soal buku ini. Di satu sisi seru, tapi di sisi lain ada banyak hal yang membuat bertanya-tanya. Seperti tindakan karakter-karakternya: Tris yang di awal buku tampak tidak sedih padahal kedua orang tuanya baru saja meninggal; salah satu orang terdekat Tris yang ternyata, kejutan, pengkhianat (tanpa foreshadowing pula); Tobias yang tanpa rencana pergi ke markas Erudite untuk menyelamatkan Tris; Tris yang mau membantu Marcus tanpa bukti yang jelas; serta Marcus yang kayaknya rempong banget. Rahasianya segitu doang, tapi pakai rahasia-rahasiaan, tidak mau kerja sama dengan kelompok Dauntless & Factionless yang menyerang markas Erudite.

    Untuk rahasianya sendiri... man, The Maze Runner all over again. Saya gagal paham dengan twist-nya TMR, juga gagal paham dengan rahasia tentang kelima faksi di buku ini. Tidak cukup believable untukku.

    Untuk setting dunia yang ada, belum banyak perkembangan yang kuperoleh. Ada beberapa ide yang menarik, seperti soal serum kejujuran Candor (walau terlalu mengingatkan sama veritaserum-nya HarPot), serta sejenis obat yang punya efek seperti narkotika yang menjaga perasaan para Amity tetap tenang, sehingga kedamaian bisa timbul. Rasanya ada suatu kritik yang gelap yang ingin pengarangnya sampaikan di situ.


    Jadi, secara keseluruhan: setting's believability: masih nol besar. Keseruan cerita: tiga bintang.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2015 Read Big Reading Challenge
    - 2015 Young Adult Reading Challenge
    - 2015 Lucky No. 15 Reading Challenge


    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment