Rss Feed
  1. The Great Gatsby  The Great Gatsby by F. Scott Fitzgerald
    My rating: 2 of 5 stars

    Judul: The Great Gatsby
    Penulis: F. Scott Fitzgerald
    Penerbit: Penguin Books
    Halaman: 188 halaman
    Terbitan: 1969

    No one ever knew who Gatsby was

    Some said he had been a German spy, others that he was related to one of Europe's royal families. Nearly everyone took advantage of his fabulous hospitality. And it was fabulous. In his superb Long Island home he gave the most amazing parties, and not the least remarkable thing about them was that few people could recognize their host. He seemed to be a man without a background, without history; whose eyes were always searching the glitter and razzamatazz for something... someone?

    The Great Gatsby is one of the great love stories of our time. In it the author distilled the essences of glamour and illusion so powerfully that his book has haunted and tantalized generations of readers.

    Review

    "The Great Gatsby" bercerita mengenai Nick Carraway, seorang pemuda yang baru saja pindah ke West Egg karena urusan pekerjaan. Di sana, dia bertemu kembali dengan sepupunya, Daisy (second cousin once removed), dan suami Daisy, Tom Buchanan.

    Pada suatu hari, Nick menerima undangan ke salah satu pesta tetangganya, Jay Gatsby. Nick yang sudah mendengar mengenai pesta-pesta Gatsby serta kemisteriusan pria tersebut, menggunakan kesempatan itu untuk mencari tahu tentang Gatsby. Pertemuan mereka di pesta membawa Nick menjadi sahabat Gatsby, serta membawa pria itu pada berbagai pesta, gosip, serta kematian.

    Rasanya judul "The Great Gatsby" sudah tidak asing lagi di telinga. Bukan hanya karena filmnya baru saja dibuat ulang pada 2013 lalu (dan dibintangi oleh Leonardo DiCaprio), tapi karena buku ini sering disebut sebagai salah satu novel terbaik Amerika.

    Saya cukup paham bahwa buku ini bicara tentang Jazz Age/Roaring Twenties, gaya hidup sia-sia, serta peringatan akan American Dream. Semua itu cukup tertuang dengan baik di novel ini. Tapi, di sisi lain, novel ini juga terasa... biasa saja untukku.

    Mungkin karena saya merasa tidak banyak yang terjadi di novel ini. Cuma ada pesta, bergosip, perselingkuhan, lalu bum, akhir cerita. Gatsby juga butuh waktu yang terlalu lama untuk muncul di dalam cerita. Build up tentang kemisteriusan Gatsby memang penting, tapi rasanya terlalu makan halaman.

    Selain karena ceritanya, juga karena dialog-dialognya tidak terasa 'wah'. Karakter-karakternya juga tidak se-wow harapan awalku. Untungnya ada akhir ceritanya yang tragis.

    So, yeah. Secara keseluruhan "The Great Gatsby" tidak memenuhi harapanku. Sebuah kisah (yang terasa bersifat) satire  yang mendefinisikan suatu era, tapi dengan plot yang datar, dialog yang biasa saja (relatif parah untuk Daisy), serta karakter yang tidak begitu memukau.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2015 New Authors Reading Challenge
    - 2015 Lucky No. 15 Reading Challenge


    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment