Rss Feed
  1. Rust in PiecesRust in Pieces by Nel Falisha
    My rating: 4 of 5 stars

    Judul: Rust in Pieces
    Penulis: Nel Falisha
    Penerbit: Ice Cube Publisher
    Halaman: 224 halaman
    Terbitan: Maret 2015

    “Pantas belakangan ini pernak-pernikku hilang satu-satu. Ternyata dia pelakunya!” Sarah menunjuk-nunjuk ke arah Tiana.

    Yunita memicingkan mata dan melipat lengan di depan dada. Pom-pom merah jambu tergeletak di kakinya. “Baru kemarin ikat rambut favoritku hilang.”

    “Bukan gitu, aku cuma mau pin—”

    “Nonsense!” cetus Sarah.

    Yunita menyeringai puas. “Kamu klepto, Ti.”

    Usaha Tiana mempertahankan popularitas di SMP sia-sia setelah aksi mengutilnya dipergoki teman-teman di klub pemandu sorak. Tak hanya didepak dari klub, ia juga harus menerima julukan Miss K alias Miss Klepto hingga lulus sekolah. Namun Tiana tidak bisa berhenti mengutil. Ia frustrasi dan memutuskan untuk menghindar dari teman-teman lamanya dengan memilih SMA yang berbeda. Sayangnya, prediksi Tiana meleset. Masih ada Dinda yang di SMP dulu ikut memusuhinya setelah aib Tiana terbongkar. Ada Stefan yang terkenal kepo dan tahu ada yang tak beres dengan Tiana. Ada Sherry yang sering memperhatikan Tiana dari jauh. Ada Ardhan yang cuek tapi berani bicara frontal. Semua orang tampaknya mencurigai tindak-tanduk Tiana. Tiana pun sadar ada yang salah dengan dirinya. Namun Tiana tetap tak mampu mengendalikan jari-jarinya.

    Review

    Setelah saya perhatikan baik-baik kovernya, rasanya saya paham kenapa buku ini sampai bisa nyasar ke bagian novel horor. Warnanya gelap, gambar ceweknya agak-agak gotik (bukan Zaskia Gotik tapi), dan ada banyak gambar tangan yang memenuhi tepian kover. Ya, kovernya jadi terkesan novel horor gitu :)).

    Ya, kalau dipikir-pikir, ceritanya memang 'horor' sih. Horor untuk Tiana yang hidupnya berantakan karena keinginan mengutil yang tidak bisa dia kendalikan. Rasanya ini pertama kalinya saya baca novel yang mengangkat tema kleptomania. Kalau cerita tentang remaja mengutil karena tekanan sosial, saya sih sudah pernah baca sebelumnya. Tapi kalau sampai masuk ke penyakit kayak gini, rasanya baru di "Rust in Pieces".

    Btw, saya suka sama judulnya. Permainan kata yang bagus.

    Saya suka sama plotnya. Kayaknya penulis meriset dengan detail. Sampai ke proses terapinya pun ada di sini. Saya juga suka dengan hubungan yang Tiana bangun dengan orang-orang di sekitarnya. Saya paling suka sih sama perubahan orang tuanya Tiana, khususnya ibunya Tiana.

    Untuk hubungan antar karakternya, saya merasa beberapa agak nanggung. Seperti hubungan antara Tiana dengan Sherry dan Tiana dengan Ardhan. Khususnya dengan Sherry sih. Awalnya kupikir akan ada sesuatu yang mengejutkan di antara mereka, tapi ternyata....

    Secara keseluruhan, saya suka sama novel ini. Tema ceritanya unik, karakter-karakternya likeable, dan penyelesaiannya juga oke.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2015 Young Adult Reading Challenge
    - 2015 New Authors Reading Challenge
    - 2015 Lucky No. 15 Reading Challenge
    - 2015 100 Days of Asian Reads Reading Challenge


    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment