Rss Feed
  1. "Aku Kesepian, Sayang." "Datanglah, Menjelang Kematian." by Seno Gumira Ajidarma
    My rating: 4 of 5 stars

    Judul: "Aku Kesepian Sayang." "Datanglah, Menjelang Kematian."
    Penulis: Seno Gumira Ajidarma
    Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
    Halaman: 202 halaman
    Terbitan: Juli 2004

    Rumah adalah semesta manusia. Semesta adalah rumah manusia. Suka atau tidak, manusia berumah dalam semesta, menjadikan rumah dan semesta sebagai dunianya-dan tiada tempat lain ke mana ia bisa pergi jika tidak bisa hidup di dalamnya. Lima belas cerita dalam buku ini berkisah tentang mereka yang harus hidup dalam suatu dunia, yang barangkali memang tidak dibuat untuk mereka, sehingga merasa terasing-seperti mungkin dialami setiap orang yang terlanjur lahir meski tidak meminta: mungkin saja seperti Anda.

    Review

    Rasanya kalau bicara dunia sastra Indonesia, cepat atau lambat orang pasti akan bertemu dengan nama Seno Gumira Ajidarma, penulis yang terkenal lewat cerita-cerita pendeknya.

    Ada 15 cerita pendek + satu komik pendek di buku ini. Cerita-ceritanya beragam. Ada yang surealis seperti di "Layang-Layang", yang bercerita tentang sebuah layang-layang yang mampu terbang hingga ke luar angkasa; atau "Avi" yang bercerita tentang seorang model yang terperangkap dalam klise foto.

    Ada juga cerita yang terasa seperti personal literature/travel-lit, seperti di "Hari Pertama di Beijing" dan "Melodrama di Negeri Komunis".

    Ada banyak cerita yang saya suka dari kumcer ini. Saya suka ""Aku Kesepian, Sayang." "Datanglah, Menjelang Kematian."", "Hari Pertama di Beijing", dan "Dua Perempuan dengan HP-nya" karena permainan sudut pandangnya. Saya juga suka dengan "Melodrama di Negeri Komunis" yang terasa sedih. "Layang-Layang" dan "Avi" juga saya suka.

    Secara keseluruhan, saya suka dengan buku ini. Bukan hanya karena cerita-ceritanya bagus, tapi ada banyak teknik menulis yang saya pelajari dari sini. Ada banyak ide menarik yang patut dicoba.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2015 New Authors Reading Challenge
    - 2015 Lucky No. 15 Reading Challenge
    - 2015 100 Days of Asian Reads


    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment