Rss Feed
  1. Bea Tunangan, Euy!Bea Tunangan, Euy! by Anjar Anastasia
    My rating: 2 of 5 stars

    Judul: Bea Tunangan, Euy!
    Penulis: Anjar Anastasia
    Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
    Halaman: 176 halaman
    Terbitan: September 2011

    Awalnya Bea dan Ramol memang dijodohkan oleh orangtua mereka. Walaupun sempat sebal—hari gini kok masih ada perjodohan—akhirnya mereka menerimanya. Keduanya cocok dan saling mencintai. Maka ketika diminta bertunangan, Bea dan Ramol menyetujui.

    Namun, satu bulan menjelang Hari H, justru godaan dan cobaan hadir di antara mereka. Cilla, teman kuliah Ramol, bikin Bea cemburu. Sementara Igen, teman Bea sesama pengurus mading, kesengsem sama Bea.

    Lalu, bagaimana usaha keras Ramol agar tidak terbawa perasaan sekaligus tidak menyinggung perasaan Cilla? Dan bagaimana juga usaha Bea menguatkan hati agar selalu setia pada Ramol sementara ada Igen yang tulus memperhatikannya?

    Review

    "Bea Tunangan, Euy!", sesuai judulnya, bercerita tentang Bea, seorang murid SMA, yang akan segera bertunangan dengan Ramol, seorang anak kuliahan yang akan berangkat ke Amerika untuk melanjutkan kuliahya.

    Dari segi cerita, temanya mengingatkan sama Tunangan? Hmm...-nya Agnes Jessica. Hanya saja pendekatannya berbeda. Kalau di "Tunangan? Hmm..." kedua tokoh utamanya kan saling tidak suka, sementara di sini, Bea dan Ramol sudah saling suka.

    Ceritanya bagus, walau kurasa orang akan terbagi dua waktu membacanya. Merasa "Oh, so sweet.", atau "Dih, apaan sih? Masih SMA sudah tunangan. *putar bola mata".

    Saya sih suka dengan kedua tokohnya, khususnya Bea yang terasa realistis dalam menghadapi pertunangannya. Rasa bingung dan tidak yakinnya terasa pas dengan usianya yang masih muda.

    Yang bikin saya kurang sreg dengan novel ini adalah gaya bahasanya. Penggunaan kata tidak baku di narasi, walau kurasa ini khas teenlit, membuat saya kurang nyaman membacanya. Dialognya juga banyak yang rasanya bisa dipangkas karena terasa kurang penting.

    Secara keseluruhan, buku ini cukup oke buat saya. Ceritanya diolah dengan cukup baik. Sayangnya, gaya bahasanya bukan selera saya.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2015 Young Adult Reading Challenge
    - 2015 New Authors Reading Challenge
    - 2015 Lucky No. 15 Reading Challenge
    - 2015 100 Days of Asian Reads Reading Challenge


    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment