Rss Feed
  1. Proyek MautProyek Maut by Eddie Sindunata
    My rating: 3 of 5 stars

    Judul: Proyek Maut
    Penulis: Eddie Sindunata
    Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
    Halaman: 344 halaman
    Terbitan: Mei 2015

    Seorang konglomerat Indonesia tewas dibunuh di
    tengah kepadatan lalu lintas Jakarta. Komisaris
    Hardi mendapat tugas untuk mengusut kasus
    pembunuhan yang menghebohkan ini, yang ternyata
    disusul oleh jatuhnya korban-korban berikutnya.

    Penyelidikan Hardi menunjukkan bahwa para
    korban itu terkait sebuah proyek raksasa yang
    masih dirahasiakan. Proyek itu melibatkan banyak
    orang penting dan berkuasa di negeri ini. Kini
    Hardi harus berpacu dengan waktu untuk memecahkan
    misteri proyek raksasa tersebut sekaligus menangkap
    sang pembunuh demi mencegah jatuhnya korban-korban
    berikutnya, termasuk dirinya sendiri.

    Pada saat yang bersamaan, Hardi juga harus
    berjuang menyelamatkan putri tunggalnya dari
    aksi seorang psikopat yang telah melakukan
    serangkaian pembunuhan berantai.

    Review

    Saya mengapresiasi karena penulisnya mengambil genre thriller, genre yang kebetulan jarang saya lihat dihasilkan oleh penulis Indonesia. Cerita yang dihasilkan cukup solid dengan misteri dua kasus, pembunuhan berantai pada para pengusaha nasional dan pembunuhan pedofil, yang kemudian bisa saling beririsan dalam cerita.

    Hanya saja, saya jujur belum puas dengan novel ini secara keseluruhan. Karakter utamanya, Komisaris Polisi Hardi Setiawan, belum memiliki sesuatu yang membuatnya unik. Saya masih merasa dia tokoh hasil cetakan karakter polisi di cerita thriller. Mungkin yang beda cuma karena keluarganya termasuk harmonis, ya. Biasanya tokoh polisi/detektif kayak gini sudah bercerai soalnya.

    Untuk kasusnya, saya kurang puas. Dalang utamanya cukup tertebak buatku walau motifnya saya tidak bisa duga sih. Saya kurang puas juga dengan penyelesaian kasusnya, karena si pelaku yang membocorkan semuanya kepada Hardi dalam sebuah kondisi tokoh-jahat-monolog-dan-membocorkan-semua-kejahatannya.

    Untuk teknik penulisan, kenapa ada bahasa SMS dalam dialog? Contohnya di halaman 24 dan 66.

    Secara keseluruhan, dua setengah bintang. Saya lumayan suka dengan pemaparan kasusnya. Hanya saja tokoh utamanya kurang memorable dan saya kurang sreg dengan akhir kasusnya.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2015 New Authors Reading Challenge
    - 2015 Lucky No. 15 Reading Challenge

    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment