Rss Feed
  1. SummitSummit by Peringga Ancala
    My rating: 4 of 5 stars

    Judul: Summit
    Penulis: Peringga Ancala
    Penerbit: Ice Cube Publisher
    Halaman: 193 halaman
    Terbitan: Mei 2015

    “Gue mau mendaki Rinjani. Seperti yang lo tahu, gue udah tertipu habis-habisan. Jadi, gue butuh pemandu dan—”

    “Mendaki? Kau tidak salah? Mendaki sampai puncak Mahabiru?”

    “Dengar, ya, gue ini punya misi penting. Lo nggak perlu tahu alasannya, yang pasti gue harus mendaki Rinjani. Terserah lo mau bilang apa!”

    “Dan misimu itu lebih penting dari nyawamu?”


    Bagi Lika si gadis suku Sasak asli, Rinjani adalah taman bermainnya sejak kecil. Berjam-jam mendaki jalur terjal menuju Danau Segara Anak, ia sudah ahli. Puncak Mahabiru pun sudah berkali-kali ia sambangi. Dan ia tak main-main saat mengatakan kalau mimpinya adalah menjadi trekking guide perempuan berlisensi. Sayangnya, Lika harus puas menjadi pemandu wisata keliling desa karena para pendaki lebih percaya trekking guide laki-laki. Kesempatan langka untuknya datang lewat Idan, pemuda kota yang sama sekali tak punya pengalaman mendaki tapi ngotot ingin menyentuh puncak Rinjani. Keduanya saling membutuhkan, namun keduanya sama-sama meragukan kemampuan masing-masing. Akankah pendakian ini berhasil, jika dari awal saja keduanya selalu berselisih?

    Review

    “Dengar, ya, gue ini punya misi penting. Lo nggak perlu tahu alasannya, yang pasti gue harus mendaki Rinjani. Terserah lo mau bilang apa!”

    “Dan misimu itu lebih penting dari nyawamu?” (hal. 48)


    "Summit" bercerita tentang Idan, seorang pemuda yang sedang galau karena baru saja diputusin pacarnya. Untuk membuktikan diri pada sang mantan bahwa dia adalah seorang cowok yang tangguh, Idan memutuskan untuk melakukan pendakian. Pilihannya jatuh pada Gunung Rinjani di Lombok.

    Di Lombok, Idan bertemu dengan Lika, seorang gadis Sasak berdarah biru yang bercita-cita menjadi seorang guide pendakian berlisensi. Lika sejak awal tidak suka pada Idan yang jelas-jelas anak kota dan buta soal mendaki. Tapi, Idan adalah kesempatan pertama bagi Lika untuk membuktikan dirinya sebagai seorang guide. Akhirnya, dengan dorongan ayahnya, Lika memandu Idan menuju puncak Rinjani.

    Suka banget sama ceritanya. Banyak pengetahuan baru yang didapat soal mendaki dari buku ini. Keindahan alamnya juga berhasil dilukiskan dengan baik. Bikin penasaran pengin lihat langsung. Tapi, melihat perjuangannya Idan yang jatuh-bangun dalam mendaki, mungkin saya harus pikir-pikir lagi :)).

    Apalagi butuh 3-5 hari untuk lama total pendakiannya (PP).

    Yang kurang kusuka dari buku ini adalah hubungan roman antara Idan dan Lika. Gimana, ya. Chemistry-nya mereka tidak terasa terasa mengarah ke sana soalnya. Lebih ke arah partner gitu.

    Secara keseluruhan, novel ini seru banget. Buat yang penasaran bagaimana suka-duka mendaki Rinjani, bisa coba baca novel ini.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2015 Young Adult Reading Challenge
    - 2015 New Authors Reading Challenge
    - 2015 Lucky No. 15 Reading Challenge
    - 2015 100 Days of Asian Reads Reading Challenge

    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment