Rss Feed
  1. The Dead ReturnsThe Dead Returns by Akiyoshi Rikako
    My rating: 3 of 5 stars

    Judul: The Dead Returns
    Penulis: Akiyoshi Rikako
    Penerbit: Penerbit Haru
    Halaman: 252 halaman
    Terbitan: Agustus 2015

    Suatu malam, aku didorong jatuh dari tebing.
    Untungnya aku selamat.

    Namun, saat aku membuka mataku dan menatap cermin,
    aku tidak lagi memandang diriku yang biasa-biasa saja.
    Tubuhku berganti dengan sosok pemuda tampan yang tadinya hendak menolongku.

    Dengan tubuh baruku, aku bertekad mencari pembunuhku.

    Tersangkanya, teman sekelas.
    Total 35 orang.
    Salah satunya adalah pembunuhku.

    Review

    "The Dead Returns" bercerita tentang Koyama Nobuo, seorang murid SMA yang jatuh dari tebing. Saat tersadar di rumah sakit, Nobuo menyadari dua hal. Pertama, dia kini berada di tubuh seorang anak SMA lain, seorang cowok yang berusaha menolongnya. Kedua, yang dia alami bukanlah kecelakaan. Ada seseorang yang mendorongnya.

    Terjebak di dalam tubuh Takahashi Shinji, pemuda yang hidupnya bertolak belakang dari dirinya yang asli, Nobuo kembali ke sekolahnya untuk mencari pembunuhnya.

    Ini novel kedua Akiyoshi Rikako yang saya baca. Sebelumnya sudah baca "Girls in the Dark" (review di sini) dan suka banget sama novel itu.

    Di sini Akiyoshi Rikako kembali dengan kasus pembunuhan murid SMA. Sama seperti di GITD, dari awal pembaca sudah dibuat bertanya-tanya. Siapa pendorong Koyama Nobuo? Apa motifnya? Apalagi mengingat Nobuo ini seorang otaku yang kurang dianggap oleh orang lain, rasanya sulit memikirkan kalau ada yang dendam padanya.

    Red herring yang dilemparkan sangat menarik. Petunjuk-petunjuk yang disajikan sukses membuat saya menebak-nebak siapa pelakunya. Saat sudah yakin kalau si A pelakunya, penulisnya melemparkan sesuatu yang membuat saya kembali ragu.

    Sayangnya, twist serta akhir penyelidikan kasus Koyama Nobuo justru terasa anti klimaks buat saya. Rasanya semua build up ke momen akhir jadi tersia-sia. Apalagi di sini ada pengulangan dari sesuatu yang sudah muncul di "Girls in the Dark", sehingga kejutannya jadi terasa kurang segar.

    Secara keseluruhan, "The Dead Returns" menyajikan kasus misteri yang menarik dan membuat penasaran. Selain kasus pembunuhannya, kehidupan baru Koyama Nobuo juga menarik untuk diikuti. Sayangnya akhir ceritanya tidak semeledak di "Girls in the Dark", padahal ceritanya sudah dibangun dengan baik.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2015 Young Adult Reading Challenge
    - 2015 Lucky No. 15 Reading Challenge


    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment