Rss Feed
  1. When the Star FallsWhen the Star Falls by Andry Setiawan
    My rating: 3 of 5 stars

    Judul: When the Star Falls
    Penulis: Andry Setiawan
    Penerbit: Penerbit Haru
    Halaman: 204 halaman
    Terbitan: Oktober 2015

    Tahu tidak, bintang itu cahaya masa lalu?
    Bintang itu, adalah orang yang mati yang meninggalkan seseorang yang ia cintai di bumi.

    Lynn, boleh kan aku mengingatkanmu sekali lagi tentang kita?
    Tentang bagaimana kita bertemu.
    Juga tentang bagaimana kita bertengkar dan berbaikan.
    Lalu tentang ciuman pertama kita, dan juga tentang perjalanan kita selama ini.

    Aku hanya berharap, besok kau tidak melupakannya lagi.
    Karena itu, aku tulis semuanya di buku ini.
    Agar saat kau lupa, kau bisa membukanya lagi dan membacanya.
    Tentang kita.

    Sampai salah satu dari kita menjadi bintang.
    Sampai bintang itu jatuh dan menjemput salah satunya.

    Bintang terjatuh karena ia mengejar orang yang dicintainya, yang sudah menyusul dirinya.

    Review

    "When the Star Falls" bercerita tentang Sam, seorang pemuda 21 tahun yang tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Timur. Pacar Sam, Lynn, terbangun dalam kondisi selective amnesia, yang membuatnya melupakan tentang Sam, setelah melakukan operasi pengangkatan tumor di otaknya. Cerita kemudian berfokus pada usaha Sam untuk membuat Lynn kembali mengingat dirinya, serta menemani gadis itu dalam usaha penyembuhannya.

    Pernah baca Doraemon terjemahan lama yang mengalami nasionalisasi? Itu loh, yang ada Ani, bibi di Surabaya, serta Aling Darma-nya. Itulah perasaan saya saat membaca buku ini. Walau dikatakan kalau mereka tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Timur, saya justru merasa kalau tokoh-tokohnya ini lebih cocok kalau tinggal di kota kecil di Amerika.

    Saya tidak tahu apakah novel ini awalnya memang berlatar di luar negeri, lalu ada seseorang yang bilang (editor?), "Eh, latarnya dibuat di Indonesia aja.", lalu penulisnya mengubahnya ke Jawa Timur. Yang jelas, usaha pen-Jawa Timur-an buku ini kurang berhasil untuk saya. Kesannya malah menjadi canggung dan aneh.

    Ceritanya sendiri terasa sedih dalam kadar yang tidak berlebih. Selipan POV 2 dalam ceritanya berhasil menambah rasa melankolis ke dalam cerita.

    Tokoh-tokohnya lumayan menarik. Sam di sini justru digambarkan sebagai cowok yang atipikal untuk novel romans YA. Sam punya karakteristik yang mungkin cenderung dipandang negatif. Dia sering merasa ragu dan insecure dengan dirinya sendiri. Hal ini membuatnya terkadang tidak tegas dalam mengambil keputusan. Walau begitu, saya merasa Sam ini adalah sebuah eksplorasi yang segar untuk tokoh pria dalam novel YA. Perjuangannya yang jatuh-bangun dalam mengambil (kembali) cinta Lynn juga menarik untuk diikuti.

    "When the Star Falls" ini punya twist yang menarik dalam ceritanya. Mungkin terasa kurang menyatu lembut dengan ceritanya, tapi tetap menarik.

    Secara keseluruhan, saya suka dengan novel ini. Karakter utamanya segar dan ceritanya enak untuk diikuti. Pemilihan latar tempatnya terasa kurang pas. Mungkin lebih baik kalau dibuat berlatar Amerika sekalian.

    Terima kasih untuk penulisnya yang telah memberikan buku ini untuk direview. "When the Star Falls" akan terbit dan mulai beredar pada 1 Oktober 2015. Dapatkan di toko buku online maupun offline :D.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2015 Young Adult Reading Challenge
    - 2015 Lucky No. 15 Reading Challenge


    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment