Rss Feed
  1. CarrieCarrie by Stephen King
    My rating: 5 of 5 stars

    Judul: Carrie
    Penulis: Stephen King
    Penerbit: Pocket Books
    Halaman: 253 halaman
    Terbitan: Oktober 1999

    Carrie knew she should not use the terrifying power she possessed... But one night at her senior prom, Carrie was scorned and humiliated just one time too many, and in a fit of uncontrollable fury she turned her clandestine game into a weapon of horror and destruction...

    Review

    Carrie bercerita tentang Carrie White, seorang gadis SMA yang memiliki kekuatan telekinesis. Dibesarkan di sebuah keluarga yang menganut ajaran agama yang fanatik, Carrie tumbuh menjadi seorang gadis yang dikucilkan dari lingkungan dan tidak tahu cara bergaul. Hal ini diperparah oleh sang ibu yang senang menyiksanya dan tidak mempersiapkan Carrie untuk tumbuh seperti gadis pada umumnya.

    She caught a glimpse of her own face in the tiny mirror [...]

    She hated her face, her dull, stupid, bovine face, the vapid eyes, the red, shiny pimples, the nest of black heads. She hated her face most of all. (hal. 44)


    Saya kebetulan sudah pernah nonton filmnya sebelum membaca novel ini. Yang saya lihat waktu itu adalah adaptasi lama dengan Carrie yang diperankan oleh Sissy Spacek. Ada satu perbedaan besar antara Carrie di film dengan di novel. Kalau di film, Carrie lebih memancing simpati penonton. Dia adalah korban perisakan dan lingkungan rumah yang mengerikan. Saat kekuatannya meledak di akhir cerita, saya merasa kalau itu sifatnya pasif. Carrie seperti terbawa arus oleh kekuatannya. Dia tidak bisa mengendalikannya.

    Di novel, Carrie jauh lebih menakutkan. Di sini, pembaca bisa melihat kalau Carrie sadar dan dengan sengaja memakai kekuatannya untuk balas dendam. Tidak ada Carrie yang pasif. Yang ada hanyalah seorang gadis yang murka dan ingin menjatuhkan hukuman kepada semua orang. Baginya, semuanya adalah penjahat yang telah menyiksa hidupnya selama ini. Scary Carrie.

    Gaya penceritaan novel ini juga unik. Stephen King membuat sebuah novel yang seolah terdiri dari kumpulan kutipan buku, berita, serta laporan. Kita dibuat seolah sedang membaca sebuah kliping tentang seorang gadis bernama Carrie White.

    Secara keseluruhan, Carrie adalah novel yang wajib dibaca oleh penggemar Stephen King. Kalau kamu suka horor, serta gaya bercerita yang unik, novel ini patut dicoba.

    Nothing can change her back now from something made out of newsprint into a person. But she was, and she hurt. More than any of us probably know, she hurt. (hal. 138)


    Let's meet on social media:
    Instagram | Twitter | Youtube


    View all my reviews


  2. 0 comments :

    Post a Comment