Rss Feed
  1. Ursula K. Le Guin Tutup Usia

    Wednesday, January 24, 2018

    Penulis Ursula K. Le Guin dikabarkan telah meninggal pada 22 Januari 2018. Ursula K. Le Guin adalah penulis fiksi-ilmiah yang  lahir pada 21 Oktober 1929. Beliau terkenal lewat karya-karyanya yang mengangkat tema politik, gender, dan etnografi.

    Pada tahun 1970, Le Guin memenangkan penghargaan Hugo dan Nebula untuk karyanya, The Left Hand of Darkness, sebuah novel yang menampilkan masyarakat Planet Gethen yang bersifat "ambiseksual", mampu memiliki sifat reproduksi pria dan wanita secara bertukar-tukar selama siklus waktu tertentu. Novelnya yang lain, The Dispossessed, kembali memenangkan kedua penghargaan tersebut di tahun 1974 dan 1975. Pada 2016, Le Guin memenangkan penghargaan Hugo untuk buku non-fiksi Words Are My Matter.


    Le Guin meninggal di rumahnya di Portland, Oregon. Orbituarinya di New York Times menyebutnya sebagai, "the immensely popular author who brought literary depth and a tough-minded feminist sensibility to science fiction and fantasy with books like The Left Hand of Darkness and the Earthsea series".

    Foto Ursula K. Le Guin dari halaman profil penulis di Goodreads.

  2. 0 comments :

    Post a Comment